China Bikin Pesawat 'Kilat', Beijing ke New York Cuma 1 Jam!

Tech - Intan Rakhmayanti Dewi, CNBC Indonesia
13 April 2022 11:50
Pesawat Sipil Supersonik (arionsupersonic.com)

Jakarta, CNBC Indonesia - China memang dikenal sebagai negara yang selalu membuat terobosan-terobosan di dunia teknologi. Kali ini mereka membangun pesawat 'kilat'.

Dilaporkan, pesawat super cepat sedang dikembangkan oleh Space Transportation dari China. Nantinya jet supersonik itu dapat melakukan perjalanan China-Amerika Serikat (AS) hanya dalam waktu 1 jam saja, dari yang biasanya butuh waktu 12 jam lebih untuk perjalanan.

Perusahaan juga sudah merilis video yang memperlihatkan kehebatan jet tersebut. Terlihat bahwa ada pesawat membawa beberapa penumpang dan lalu dijalankan ke udara secara vertikal.


Setelah beberapa detik dalam penerbangan, pendorong peluncur jatuh kembali ke landasan. Peluncur akan digunakan lagi nanti, dikutip dari BGR, Rabu (13/4/2022).

Jet itu melakukan perjalanan lewat awan dan sub orbital yang membuatnya mampu menempuh jarak 7.000 km dalam waktu 60 menit.

Menurut perusahaan, jet akan berbiaya rendah dari roket yang digunakan untuk memboyong satelit ke luar angkasa. Selain itu, Space Transportation mengklaim kendaraan tersebut akan jauh lebih cepat dari pesawat tradisional.

BGR, mengutip perusahaan, jet supersonik itu akan melakukan perjalanan tes darat pada 2023 mendatang. Serta diharapkan dapat melakukan debut penerbangan pada 2024 dan perjalanan berawak tahun 2025.

Selain itu, Space Transportation berharap dapat melakukan uji terbang kendaraan antariksa berawak tahun 2030. Ini juga menandakan perusahaan masuk ke industri wisata antariksa yang sedang jadi topik hangat beberapa waktu lalu.

NASA mengharapkan ruang angkasa bisa terbuka untuk diakses lebih banyak orang tahun 2030. Virgin Galactic juga telah melakukan penerbangan suborbital berawak penuh sebelumnya. Selain itu SpaceX telah membagikan rencana membuat sistem penerbangan suborbital.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Sinyal 5G Ganggu Penerbangan, AS Terbitkan Warning ke Boeing


(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading