Mark Zuckerberg Habiskan Rp 387 M Buat Bodyguard, CEO Lain?

Tech - Intan Rakhmayanti Dewi, CNBC Indonesia
12 April 2022 12:05
Facebook CEO Mark Zuckerberg is seen fencing in the

Jakarta, CNBC Indonesia - Mark Zuckerberg menghabiskan banyak uang perusahaan untuk membayar bodyguard biaya untuk diri dan keluarganya.

Sepanjang 2021, Meta (induk Facebook) mengalokasikan dana hampir US$ 27 juta atau sekitar Rp 387 miliar untuk program keamanan keseluruhan bagi Zuckerberg, demikian dikutip CNBC Indonesia dari New York Post, Selasa (12/4/2022).

Untuk keamanan pribadi Zuckerberg di rumahnya, serta selama perjalanan pribadi, perusahaan merogoh kocek US$ 15,2 juta Rp 218 miliar.


Belum lagi tambahan US$ 10 juta dalam bentuk tunjangan sebelum pajak tahunan"yang dimaksudkan untuk biaya terkait keamanan lainnya untuk Zuckerberg, istrinya Priscilla Chan dan anak-anak mereka. Dana yang tersisa menutupi perjalanan udara pribadi Zuckerberg.

Daftar Biaya Pengamanan Bos Teknologi DuniaFoto: Infografis/ Daftar Biaya Pengamanan Bos Teknologi Dunia/Aristya Rahadian

Dalam laporannya, Meta mengatakan biaya keamanan diperlukan karena Zuckerberg menghadapi ancaman profil tinggi sebagai pendiri, CEO, Ketua, dan pemegang saham pengendali perusahaan.

"Mr. Zuckerberg adalah salah satu eksekutif yang paling dikenal di dunia, sebagian besar pengamanan sebagai hasil dari ukuran basis pengguna dan keterpaparan kami yang berkelanjutan terhadap perhatian media, legislatif, dan peraturan global." kata pengajuan SEC Meta.

Pengeluaran keamanan Meta di 2021 lebih tinggi dari tahun sebelumnya. Saat itu perusahaan menghabiskan sekitar US$23,4 juta atau Rp336 miliar untuk keamanan Zuckerberg.

Biaya keamanan bos Meta ini jauh melampaui para CEO lain. Misalnya saja Amazon yang hanya menghabiskan sekitar US$1,6 juta untuk keamanan dan perjalanan bisnis untuk pendiri dan ketuanya Jeff Bezos tahun lalu. Sedangkan Apple menghabiskan US$630 ribu untuk keamanan CEO Tim Cook, serta US$712 ribu untuk biaya perjalanan pribadinya.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Bos Facebook Habiskan Rp 387 M Sewa Bodyguard, CEO Lainnya?


(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading