Ini Dia Bos Baru OJK Pengawas Pinjol 2022-2027

Tech - Intan Rakhmayanti Dewi, CNBC Indonesia
07 April 2022 17:20
Ogi Prastomiyono (CNBC Indonesia/Muhammad Sabki)

Jakarta, CNBC Indonesia - Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) telah mengumumkan Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) periode 2022-2027. Industri pinjaman online (pinjol) kini punya pengawas baru.

"Telah disepakati secara mufakat Dewan Komisioner OJK periode 2022-2027," kata Kahar Muzakir, Ketua Komisi XI DPR RI, Kamis (7/4/2022).

Pinjol sendiri berada di bawah pengawasan Departemen Pengawasan Industri Keuangan Non-Bank 2A. Kepala pengawas baru departemen ini adalah Ogi Prastomiyono yang juga mengawasi sektor perasuransian, dana pensiun, multifinance, dan lembaga keuangannya lainnya.


Sama seperti pendahulunya Riswinandi, Ogi Prastomiyono merupakan bankir senior dan menghabiskan sebagian besar karirnya di Bank Mandiri.

Ogi Prastomiyono lahir di Bogor pada 21 Mei 1961. Ia lulus dari Institut Pertanian Bogor pada 1984. Dia kemudian melanjutkan pendidikannya ke University of Notre Dame, Indiana, Amerika Serikat (AS).

Ogi Prastomiyono memulai karirnya dalam dunia profesional ketika bergabung dengan Bank Expor Impor Indonesia (Bank Exim) pada 1986. Pada 1998 terjadi krisis moneter dan Bank Exim di merger dengan empat bank lainnya dan terbentuklah Bank Mandiri.

Di Bank Mandiri karir Ogi Prastomiyono terus meroket. Ia sempat menduduki posisi direksi Bank Mandiri selama 10 tahun dari 2008 hingga 2018. Jabatan terakhirnya adalah direktur operasional.

Selanjutnya, Ogi Prastomiyono hijrah ke PT Indonesia Asahan Aluminium (Persero) atau kini bernama MIND ID dan menjadi Direktur Layanan Strategis sejak pada April 2018.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Banyak Warga RI Terjebak Pinjol Ilegal, Ini Biang Keroknya


(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading