Kelelahan Akibat Covid-19, Ini 5 Langkah Memulihkannya

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
07 April 2022 16:55
Infografis/Jangan Abai, Ini 3 Gejala Utama Terinfeksi Varian Omicron/Aristya Rahadian

Jakarta, CNBC Indonesia - Beberapa orang ternyata mengalami kelelahan parah saat terinfeksi Covid-19. Bahkan ada yang mengalaminya saat sudah sembuh dari virus tersebut.

Salah satu ulasan dari 21 penelitian menemukan 13-33% orang kelelahan 16-20 minggu setelah gejala dimulai. Dalam laporan lain menyebutkan 85% pasien mengalami kelelahan jadi salah satu gejala long Covid-19.

Science Alert menuliskan salah satu yang bisa mengurangi risiko kelelahan setelah Covid-19 adalah dengan vaksin. Orang yang telah divaksinasi dan terkena virus itu cenderung tidak melaporkan kelelahan dan kecil memungkinkan mengembangkan menjadi long Covid-19.


Namun seperti yang sudah diketahui vaksin tak 100% melindungi dan ada juga orang yang sudah divaksinasi namun tetap mengalami kelelahan jangka panjang.

Berikut ini lima langkah untuk mengatasi kelelahan pasca Covid-19, dikutip dari Science Alert, Kamis (7/4/2022):

1. Kembali ke Aktivitas

Saat kembali ke rutinitas normal, sesuaikan dengan tingkat energi. Pilih prioritas dan fokus pada apa yang bisa dilakukan dibandingkan dengan yang tidak bisa Anda lakukan.

2. Berolahraga Secara Bertahap

Berolahraga secara bertahap bisa membantu memulihkan tubuh, namun juga tetap perlu mengetahui cara mengelola atau menghindari kelelahan setelahnya. Anda bisa meminta rekomendasi terkait hal ini kepada dokter.

3. Prioritaskan Tidur

Pola tidur yang terganggu adalah gejala Covid yang tidak menguntungkan. Tetap menjaga pola tidur dengan menjaga waktu tidur yang ketat.

4. Konsumsi Makanan Bergizi

Beberapa pasien Covid-19 melaporkan kehilangan nafsu makan, indera perasa dan penciuman. Namun tetap mengonsumsi makanan sebagai bahan bakar tubuh dengan energi dan nutrisi mikro untuk memulihkan tubuh.

5. Pantau Kelelahan

Buat buku harian untuk memantau kelelahan. Secara keseluruhan harusnya mulai melambat rasa kelelahan untuk menuju pemulihan.

Namun jika kondisi semakin memburuk, sebaiknya dapat masukkan dari profesional kesehatan seperti dokter umum.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Awas Terkecoh, Ini Beda Gejala BA.4-BA.5 & Batuk Pilek Biasa


(npb/roy)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading