Ini Raja Browser Internet Dunia, Google Chrome atau Safari?

Tech - Intan Rakhmayanti Dewi, CNBC Indonesia
06 April 2022 15:15
FILE PHOTO: A lock icon, signifying an encrypted Internet connection, is seen on an Internet Explorer browser in a photo illustration in Paris, France April 15, 2014.  REUTERS/Mal Langsdon/File Photo

Jakarta, CNBC Indonesia - Google Chrome masih memimpin popularitas di antara para penyedia browser yang digunakan di desktop. Menurut data dari layanan analisis web StatCounter, Google Chrome memiliki pangsa pasar 67,26 persen.

Sementara itu, browser Microsoft Edge, sekarang digunakan di 9,65 persen dari semua desktop di seluruh dunia.

Kembali pada Februari, angka pangsa pasar Edge mendekati Safari. Tapi berdasarkan data terbaru dari bulan Maret, browser Apple sekarang memiliki 9,57 persen pangsa pasar browser desktop di seluruh dunia. Sementara Mozilla Firefox turun tipis dari 9,18 persen menjadi 7,57 persen.


Anehnya, Internet Explorer masih digunakan sekitar satu persen (0,92%) desktop secara global. Layanan browser lawas ini kemungkinan digunakan oleh pengguna yang belum mengupgrade ke Windows 11 atau bahkan Windows 10.

Mengutip laman Tech Radar, Rabu (6/4/2022), Microsoft berencana untuk menghentikan aplikasi IE 11 pada 15 Juni tahun ini. Jadi para pengguna ini harus beralih ke Edge, atau bahkan ke browser alternatif seperti Opera yang memiliki 2,83 persen pangsa pasar browser desktop di seluruh dunia.

Browser di Ponsel

Meskipun Edge membuat terobosan di desktop, hal yang sama tidak dapat dikatakan untuk browser Microsoft di Android dan iOS. Menurut data seluler StatCounter, Chrome masih memimpin dengan digunakan pada 63,26 persen dari semua smartphone.

Hal ini cukup masuk akal, mengingat ada lebih dari 3 miliar perangkat Android aktif yang digunakan dan telah diinstal sebagai browser bawaan.

Demikian pula, Safari, yang sudah diinstal sebelumnya di iPhone, ia memiliki 24,81 persen pangsa pasar browser seluler di seluruh dunia.

Sedangkan browser Samsung, Samsung Internet, sementara ini masih berada di posisi ketiga dengan hanya di bawah lima persen (4,99%).

Meskipun Microsoft Edge bahkan tidak muncul di data pangsa pasar browser seluler StatCounter, penggunaannya terlihat cukup meningkat.

Menurut daftar Play Store Edge, aplikasi seluler browser telah diinstal lebih dari 10 juta kali dan memiliki 4,5 bintang berdasarkan 453 ribu ulasan pengguna.

App Store Apple tidak menyediakan data pemasangan mendetail yang sama dengan yang dilakukan Play Store, tetapi Edge untuk iOS berada di peringkat #18 dalam utilitas dan memiliki peringkat 4,6 berdasarkan lebih dari 78k ulasan pengguna.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Pengguna Windows, Internet Explorer Dimatikan Juni 2022


(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading