Tak Suka Dilacak? Ini Browser Anti Mata-mata Facebook

Tech - Intan Rakhmayanti Dewi, CNBC Indonesia
30 June 2022 12:45
MUNICH, GERMANY - SEPTEMBER 06:  In this photo illustration Google's Chrome browser shortcut, Google Inc.'s new Web browser, is displayed next to Mozilla Firefox shortcut and Microsoft's Internet Explorer browser shortcut, on an laptop.   (Photo Illustration by Alexander Hassenstein/Getty Images)

Jakarta, CNBC Indonesia - Mozilla Firefox memiliki pembaruan fitur yang mencegah situs seperti Facebook melacak pengguna di seluruh situs web. Menurut laporan Bleeping Computer, fitur tersebut disebut Query Parameter Stripping

Fitur tersebut akan secara otomatis menghapus string karakter yang ditambahkan ke akhir URL. Karakter-karakter tersebut yang memungkinkan Facebook, Hubspot, Olytics, dan perusahaan lain melacak riwayat pencarian dan menayangkan iklan bertarget, demikian dikutip dari Engadget, Kamis (30/6/2022).

Untuk diketahui kumpulan karakter setelah tanda tanya di suatu link adalah query parameter yang dapat memberi tahu perusahaan bahwa Anda telah mengeklik tautan. Ini dapat membantu perusahaan seperti Facebok membuat profil Anda untuk penargetan iklan.


Mozilla FirefoxFoto: REUTERS/Albert Gea

Jika mengaktifkan fitur stripping di Firefox versi terbaru, akan menghapus karakter tersebut sebelum memuat URL. Artinya Facebook tidak akan membuat profil demi kepentingan iklan mereka.

Fitur ini bekerja melalui daftar blokir dan mencakup Olytics, Drip, Vero, HubSpot, Marketo, dan Facebook.

Untuk mengaktifkan, Anda cukup memilih "Strict" untuk "Perlindungan Pelacakan yang Ditingkatkan" di pengaturan Privasi & Keamanan.

Fitur baru ini tidak berfungsi dalam Mode Pribadi, tetapi Anda juga dapat menyalakan dengan mengetikkan "about:config" di bilah alamat, mencari strip dan menyetel opsi "privacy.query_stripping.enabled.pbmode" ke "true", sebagaimana ditunjukkan Bleeping Computer.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Pengguna Windows, Internet Explorer Dimatikan Juni 2022


(dem)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading