Samsung Izinkan Pengguna Perbaiki Ponselnya Sendiri

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
07 April 2022 11:38
A logo of Samsung Group is seen at its shop in Seoul, South Korea, Thursday, Jan. 30, 2020. Samsung Electronics Co. said Thursday its operating profit for the last quarter fell 33.7% from a year earlier but it predicted earnings will improve in 2020, driven by a gradually stabilizing computer chip market and increasing 5G smartphone sales. (AP Photo/Ahn Young-joon)

Jakarta, CNBC Indonesia - Samsung mengumumkan program untuk penggunanya bisa memperbaiki beberapa perangkat Galaxy secara mandiri. Termasuk memberi akses pada pengguna dan perusahaan pihak ketiga pada suku cadang asli, alat perbaikan dan panduan perbaikan.

Keputusan itu perkembangan dari sebelumnya, yakni pengguna perangkat Samsung mengandalkan perbaikan dengan layanan internal raksasa teknologi Korea Selatan itu.

Program akan tersedia mulai musim panas ini atau sekitar pertengahan tahun 2022. Peruntukannya bagi pengguna keluarga produk Galaxy S20 dan S21, serta Galaxy Tab S7+.


Samsung juga mengatakan sedang berkolaborasi dengan iFixit, sebuah komunitas perbaikan online yang bekerja dengan Motorola dalam program perbaikan sendiri yang sama.

CEO iFixit, Kyle Wiens mengatakan pengumuman itu jadi bagian dari perubahan besar saat produsen bergerak untuk mendukung hak memperbaiki perangkat yang dimiliki pengguna.

"Memperpanjang umur elektronik sangat penting untuk masa depan planet, dan memberikan konsumen pilihan perbaikan sendiri merupakan langkah penting untuk mewujudkannya," jelas Wiens, dikutip dari CNN Internasional, Rabu (6/4/2022).

Raksasa teknologi lain, Apple juga telah mengumumkan program serupa pada November lalu. Bernama Self Repair Service, jadi produk perusahaan seperti display, baterai dan modul kamera bisa dibeli dan memberi akses pada siapapun untuk perbaikan manual.

Program itu belum diluncurkan secara resmi. Namun hanya akan terbatas pada pengguna iPhone 12 dan 13 di tahapan awal, Apple juga mengatakan akan memperluasnya pada Mac dengan chip M1.

Apple, Samsung dan perusahaan lain memang mendapat kritikan tajam karena memiliki taktik mempersulit bisnis perbaikan independen dalam mengakses perangkat. Menurut perusahaan, keputusan tersebut untuk memastikan produk diperbaiki dengan benar lewat layanan perbaikan resmi.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Samsung Pasok Chip Untuk Volkswagen


(npb/npb)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading