Covid Varian XE Disebut Paling Menular, Vaksin Masih Ampuh?

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
06 April 2022 08:55
INFOGRAFIS, Ini Gejala Corona Varian Baru

Jakarta, CNBC Indonesia - Varian Covid-19 kembali ditemukan, diberi nama varian XE. Varian baru ini disebut sangat menular dan keampuhan vaksin pun kembali dipertanyakan.

Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO dalam laporan terbarunya menyebut XE 10 kali lebih menular dari omicron. Varian tersebut diketahui memiliki tingkat penularan tertinggi diantara seluruh strain sebelumnya.

Varian omicron diketahui membuat kenaikan kasus signifikan cukup signifikan di beberapa negara dunia, tak terkecuali di Indonesia.


Lalu bagaimana dengan keampuhan vaksin? Kepala Penasihat Medis Badan Keamanan Kesehatan Inggris, Susan Hopkins menjelaskan pihaknya belum punya bukti termasuk terkait efektivitas vaksin Covid-19. Meski begitu dia mengatakan XE memang menunjukkan tingkat pertumbuhan yang bervariasi.

"Rekombinan khusus ini, XE menunjukkan tingkat pertumbuhan yang bervariasi dan kami belum bisa memastikan apakah memiliki keunggulan pertumbuhan yang sebenarnya," kata Hopkins, dikutip dari Times of India, Rabu (6/4/2022).

"Sejauh ini tidak ada cukup bukti untuk menarik kesimpulan mengenai transmisibilitas, keparahan atau efektivitas vaksin".

Varian XE sendiri merupakan rekombinan dari sub-varian omicron BA.1 dan BA.2. XE telah ditemukan di Inggris sejak awal tahun dan tercatat lebih dari 600 kasus ditemukan karena infeksi ini.

Rekombinan antar virus sebenarnya bukanlah hal baru. Varian ini terjadi saat seseorang terinfeksi dengan lebih dari satu varian yang bergabung kembali dengan berbagi materi genetik.

"Seperti varian virus corona (Covid-19) lain, sebagian besar tidak memberikan keuntungan apapun pada virus dan mati relatif cepat," jelas Hopkins.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Mantan Bos WHO Ungkap Ada '3 X' dalam Omicron, Tak Hanya XE?


(npb/roy)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading