Tak Banyak yang Tahu, Ternyata Ada Covid-19 Varian Asal RI

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
18 May 2022 08:20
Penjelasan Menkes dan Satgas Covid-19 mengenai Pelonggaran Prokes dan Pengaturan Perjalanan. (Tangkapan layar)

Jakarta, CNBC Indonesia - Selama pandemi terjadi dua tahun terakhir, beragam varian sudah menyebar di dunia. Ternyata Indonesia juga memiliki varian Covid-19 sendiri.

Ini diungkapkan Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin dalam Rapat Kerja Komisi IX DPR RI pada bulan September lalu. Dia juga menyebut varian asli Indonesia ini sebagai varian tidak berbahaya.

"Yang asli Indonesia ada nomornya kalau enggak salah B 1466.2. Tapi itu tidak diidentifikasi sebagai varian berpotensi berbahaya. Varian lokal itu sudah sangat kalah dibandingkan varian Delta," ujarnya kala itu.


Dia juga menambahkan badan kesehatan dunia (WHO) memberikan kategori untuk tiap varian yang ditemukan. Untuk varian berbahaya akan dilabeli dengan nama variant of concern (VOC).

Di Indonesia sendiri, ada sejumlah varian yang masuk dalam kategori itu dan berasal dari luar Indonesia termasuk Delta yang menyebabkan kenaikan kasus pertengahan tahun lalu.

Budi mengatakan pemerintah memiliki cara menekan timbulnya varian luar negeri itu, yakni dengan memperkuat perbatasan Indonesia dengan luar negeri.

"Sudah mengidentifikasi semua bandara, pelabuhan dan lintas batas darat. Untuk memastikan kantor karantina di sana diperkuat," kata Budi.

Sementara itu sebelum lebaran lalu, Budi juga mengumumkan hasil survei serologis yang dilakukan oleh Kemenkes dan Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, ternyata antibodi masyarakat Indonesia mencapai 99,2%.

Saat itu, Budi juga mengatakan antibodi itu terbentuk karena dua hal, yakni dengan masyarakat melakukan vaksinasi dan infeksi Covid-19 yang menyerang sebelumnya.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Ini Penyebab Munculnya Varian dan Mutasi Baru Virus Covid-19


(npb)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading