Mudik Bareng ke Bumi, Astronot AS-Rusia Tiba di Kazakhstan

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
31 March 2022 13:25
International Space Station (ISS)

Jakarta, CNBC Indonesia - Astronot NASA Mark Vande Hei bersama dengan kosmonot Anton Shkaplerov dan Pyotr Dubrov telah mendarat dengan selamat di Kazakhstan. Kedatangan ketiganya ke Bumi setelah keributan Amerika Serikat (AS) dan Rusia soal hubungan mereka di antariksa.

Ketiganya menumpang pesawat antariksa Soyuz MS-19 Rusia dan turun dari Stasiun Luar Angkasa Internasional pukul 3:21 pagi ET hari Rabu. Mereka mendarat dengan bantuan parasut di padang rumput Kazakhstan pukul 7:28 pagi ET, dikutip dari CNN Internasional, Kamis (31/3/2022).

Pesawat itu mengalami deorbit burn pada 6:43 am ET hari Rabu, yang berlangsung selama lebih dari empat menit dan membantu memperlambat Soyuz. Saat mendarat, Soyuz berdiri tegak namun akhirnya miring karena angin menarik parasut.


Tim pemulihan membantu para kru meninggalkan kapsul. Layar utama pusat kendali misi Rusia juga menyambut kedatangan mereka dengan membagikan pesan "Selamat datang kembali, Mark!" dalam bahasa Inggris, serta "Touchdown!" dengan bahasa Rusia.

Setelah mendarat, akan ada pemeriksaan kesehatan dan naik helikopter dua jam ke kota Karaganda, Kazakhstan. Vande Hei akan kembali ke Houston, sementara para kosmonot kembali ke basis pelatihan Star City, Rusia.

Saat konferensi pers 14 Maret lalu, Joel Montalbono selaku manajer program Stasiun Luar Angkasa Internasional NASA mengatakan operasi bersama antara NASA dan Roscosmos di fasilitas Rusia di Baikonur Kazakhstan "terus berjalan dengan baik".

Kembalinya ketiga orang itu sangat diantisipasi dan menarik banyak perhatian sebab adanya ketegangan geopolitik selama sebulan terakhir tak lama setelah perang Rusia dan Ukraina pecah. Termasuk perang Twitter antara mantan astronot NASA, Scott Kelly dengan kepala Roscosmos, Dmitry Rogozin.

Rogozin juga kerap membuat unggahan yang diarahkan untuk AS. Termasuk ancaman meninggalkan Vande Hei di luar angkasa.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

NASA Segera luncurkan Teleskop James Webb


(npb/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading