Bos Antariksa Rusia 'Diserang' Eks Astronot NASA, Kenapa?

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
09 March 2022 17:50
Potret Demo Tolak Perang di Kedubes Rusia (CNBC Indonesia/Tri Susilo)

Jakarta, CNBC Indonesia - Hubungan Rusia dan Amerika Serikat (AS) yang memburuk akibat serangan Presiden Vladimir Putin ke Ukraina, meluas ke sektor antariksa. Bahkan bos Roscosmos dan mantan astronot NASA terlibat saling sindir di Twitter.

Veteran empat penerbangan antariksa AS, Scott Kelly menanggapi video yang dibagikan oleh kepala badan antariksa Rusia, Dmitry Rogozin. Dalam video terlihat bendera Inggris dan AS dicopot dari roket Soyuz.

Kelly mengomentari video itu dalam bahasa Rusia dan mengatakan proyek tersebut tidak akan menjadi apa-apa tanpa AS dan Inggris.


"Tanpa bendera-bendera itu dan devisa yang mereka bawa, program antariksa Anda tidak akan berarti apa-apa. Mungkin Anda bisa mencari pekerjaan di Mcdonald's, jika Mcdonald's masih ada di Rusia," tulis Kelly, dikutip dari Daily Mail, Rabu (9/2/2022).

Rogozin membalas kritikan itu tak kalah pedasnya, bahkan menyebut 'bodoh' dalam salah satu tweet yang sekarang sudah dihapus. Selain juga menyatakan 'kematian International Space Station akan Anda sadari', lalu dia memblokir akun Kelly.

Rogozin memang fokus membicarakan masa depan kerja sama dua negara untuk operasional ISS. Ini terjadi setelah Rusia dijatuhi sejumlah sanksi dari AS karena menyerang Ukraina sejak 24 Februari 2022 lalu.

Rogozin juga terus membuat komentar pedas terkait AS. Misalnya menyebut sanksi Presiden Joe Biden pada industri luar angkasa dan kedirgantaraan Rusia sebagai sanksi Alzheimer.

Selain itu juga pernah menyarankan AS 'naik sapu' untuk ke luar angkasa, setelah menolak menjual mesin roket Rusia ke AS.

Kelly juga sangat vokal pada pendapatnya terkait serangan Rusia ke Ukraina. Dia menunjukkan dukungan pada Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky, serta mengabaikan Rogozin.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Mudik Bareng ke Bumi, Astronot AS-Rusia Tiba di Kazakhstan


(npb/roy)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading