Login Prakerja.go.id Buat Cek Peserta Prakerja Gelombang 24

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
29 March 2022 13:50
Infografis, Ayo Daftar! Kartu Prakerja Gelombang 16 Resmi Dibuka

Jakarta, CNBC Indonesia - Prakerja Gelombang 24 telah diumumkan. Masyarakat yang lolos jadi penerima Kartu Prakerja dapat langsung login ke laman Prakerja.go.id.

Dalam Instagram resminya, pihak Prakerja menjelaskan beberapa langkah setelah menjadi penerima Kartu Prakerja. Berikut lima langkahnya, dikutip Selasa (29/3/2022):

1. Cek Dashboard Prakerja
Masyarakat diminta untuk mencatat 16 angka Nomor Kartu Prakerja. Selain itu juga pastikan saldo pelatihan telah tersedia.


2. Cari Pelatihan
Gunakan fitur Cari Pelatihan, ada enam platform yang menyediakan pelatihan Prakerja. Keenamnya adalah Bukalapak, Tokopedia, Pijar, Pintaria, Kemnaker, dan karier.mu.

3. Cek Deskripsi Pelatihan
Peserta juga harus mengecek deskripsi pelatihan, dari harga, rating, durasi, tingkat materi, dan cara mengajar. Ini dilakukan sebagai pertimbangan sebelum melakukan pembelian pelatihan.

4. Beli Pelatihan
Setelah itu beli pelatihan dan bayar dengan menggunakan Nomor Kartu Prakerja.

5. Batas Pembelian Pelatihan
Pihak Prakerja juga mengingatkan batas pembelian pelatihan adalah 30 hari sejak menerima pengumuman pada dashboard. Jika terlewat, maka peserta tidak bisa membeli pelatihan lagi.

Selain itu, ada beberapa catatan yang diberikan pihak Prakerja. Seperti Kartu Prakerja diberikan bukan dalam bentuk fisik. Di sana akan tertera 16 angka untuk membeli pelatihan.

Masyarakat yang menjadi penerima juga diminta menjaga kerahasiaan nomor Kartu Prakerja. Selain itu juga diminta secepat mungkin menggunakan saldo untuk membeli pelatihan yang sesuai kebutuhan.

"Jika mengalami kesulitan saat membeli pelatihan, Sobat dapat menghubungi contact center mitra Digital Platform yang Sobat pilih," tulis pihak Prakerja dalam unggahan di Instagram.

Sebagai informasi, pemerintah membuka Kartu Prakerja gelombang 24 dengan kuota mencapai 300 ribu penerima. Peserta akan menerima insentif Rp 600 ribu per bulan yang diberikan selama 4 bulan.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Pengumuman! Sebanyak 86.878 Peserta Kartu Prakerja Dicabut


(npb/npb)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading