PPN Naik 11%, Harga Langganan Internet Telkomsel & XL Naik?

Tech - Intan Rakhmayanti Dewi, CNBC Indonesia
29 March 2022 12:30
Infografis/10 Kota Di Indonesia Dengan Internet Tercepat/Aristya Rahadian

Jakarta, CNBC Indonesia - Tarif pajak pertambahan nilai (PPN) akan naik menjadi 11% mulai 1 April 2022. Hal ini tentu akan berdampak ke banyak sektor, termasuk layanan telekomunikasi.

Sejauh ini baru ada dua operator seluler di Indonesia yang mengonfirmasi tindak lanjut mengenai penyesuaian tarif PPN terbaru, yakni XL Axiata dan Telkomsel.

Melalui SMS yang dikirimkan kepada pelanggan, XL Axiata memberikan pengumuman mengenai penyesuaian tarif karena dampak dari naiknya PPN 11%.


"Pelanggan Yth, Sesuai UU No. 7 Tahun 2021, terdapat rencana penyesuaian tarif PPN dari 10% jadi 11% per tanggal 1 April 2022. Info: bit.ly/InfoPPN11 TAX01A," tulis SMS tersebut.

Terkait penyesuaian PPN, seluruh aktivitas transaksi bisnis XL Axiata akan memberlakukan rencana tarif PPN sebesar 11%, termasuk harga produk dan tagihan XL Prioritas.

Perusahaan mengatakan, para pelanggan XL Prioritas dapat melihat rincian tagihan melalui aplikasi myXL terbaru.

Bagi pelanggan XL Prioritas, tagihan yang tercetak mulai tanggal 1 April 2022 akan dikenakan rencana tarif PPN 11%. Hal ini berlaku bagi pelanggan XL Prioritas untuk periode tagihan 1-31, maupun 16-15.

Sementara itu, sebagai tindak lanjut atas kenaikan PPN, Telkomsel telah mempersiapkan rencana edukasi dan sosialisasi kepada pelanggan.

"Khusus kepada pelanggan layanan Telkomsel Halo (paskabayar), kami telah mulai melakukan sosialisasi mengenai rencana kenaikan PPN sebesar 11 persen mulai 1 April 2022, melalui pengiriman SMS notifikasi yang dilakukan pada 8 Maret 2022," ujar Vice President Corporate Communications Telkomsel Saki H Bramono, dalam keterangan kepada CNBC Indonesia, Selasa (29/3/2022).

Telkomsel, kata Saki, akan selalu patuh pada setiap kebijakan yang ditetapkan oleh pemerintah, termasuk mematuhi jika ada penyesuaian atau perubahan terkait isi maupun jadwal penerapan aturan.

Perusahaan juga siap untuk melanjutkan koordinasi dengan seluruh pihak terkait untuk memastikan terlaksananya kebijakan yang dimaksud, dan berkomitmen untuk senantiasa melakukan sosialisasi dan edukasi secara berkala kepada pelanggan.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Pajak PPN 11% Berlaku, Harga HP Samsung, Xiaomi & Oppo Naik?


(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading