Ada Fitur Sharing Akun Berbayar, Netflix Untung Besar?

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
25 March 2022 17:20
This Monday, July 17, 2017, photo shows the Netflix logo on an iPhone. Netflix, Inc. reports earnings Monday, Oct. 16, 2017. (AP Photo/Matt Rourke)

Jakarta, CNBC Indonesia - Nampaknya rencana sharing akun berbayar akan mendulang untung besar bagi Netflix. Hal ini diungkapkan oleh analis Amerika Serikat (AS), Cowen & Co.

Para analis mengatakan jika rencana itu jadi terlaksana, maka akan berpotensi menghasilkan keuntungan US$1,6 miliar atau Rp 22,9 triliun, dikutip dari Uber Gizmo, Jumat (25/3/2022).

Namun tak semua pihak optimis dengan rencana itu. Analis seperti Benchmark Co, mengatakan kemungkinan akan ada efek sebaliknya, yakni mengkanibalĀ pertumbuhan pelanggannya. Bahkan Netflix kemungkinan hanya mendapatkan pertumbuhan pendapatan 4% saja.


Praktik berbagi akun Netflix sering dilakukan oleh sejumlah pengguna. Dengan cara ini akan membuat harga langganan jauh lebih murah dibandingkan mereka yang menggunakan paket individual.

Namun hal ini akan segera berakhir, sebab perusahaan sedang menguji coba fitur sharing password berbayar. Jadi bagi pengguna yang berbagi akun namun tidak tinggal satu rumah akan dikenakan biaya tambahan.

The Verge melaporkan saat ini uji coba dilakukan Chili, Kosta Rika dan Peru. Perusahaan juga telah menetapkan masing-masing harga paket tambahan yakni 2.380 CLP di Peru, 2,99 USD di Kosta Rika, dan 7,9 PEN di Peru.

Namun bukan kali ini saja Netflix mencoba membatasi penggunaan sharing akun. Tahun lalu perusahaan bereksperimen dengan alat verifikasi akun untuk menjaga pengguna yang tidak sah dari mooching akun orang lain.

"Kami selalu memudahkan orang-orang yang tinggal bersama untuk berbagi akun Netflix mereka, dengan fitur seperti profil terpisah dan beberapa stream dalam paket Standar dan Premium kami," ujar Chengyi Long selaku direktur Inovasi Produk Netflix.

Netflix berharap dengan kebijakan baru akan mendorong perusahaan memberikan layanan lebih baik kepada pelanggan. Praktik berbagi password itu juga disebutkan menyebabkan kebingungan kapan dan bagaimana Netflix bisa dibagikan.

"Akibatnya, akun dibagikan di antara rumah tangga yang mana itu memengaruhi kemampuan kami untuk berinvestasi dalam TV dan film baru yang hebat untuk pelanggan kami," ungkapnya.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Neflix Uji Aturan Baru Streaming Film, Tak Bisa Nobar Lagi?


(npb/roy)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading