RI Menuju Endemi, Menkes Sosialisasi Tes Covid-19 di Rumah

Tech - Intan Rakhmayanti Dewi, CNBC Indonesia
23 March 2022 20:21
Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin di Stasiun Bogor. (CNBC Indonesia/Muhammaad Sabki) Foto: Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin (CNBC Indonesia/Muhammaad Sabki)

Jakarta, CNBC Indonesia - Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan self testing Covid-19 yang dilakukan oleh masyarakat akan dimasukkan ke dalam program transisi dari pandemi menuju endemi. Hal itu dikatakan Budi dalam rapat kerja dengan Komisi IX DPR RI yang ditayangkan via Youtube, Rabu (23/3/2022).

"Memang benar. Seperti yang tadi kami sampaikan untuk bisa transisi ke endemi tanggung jawab pengelolaan terhadap Covid-19 itu harus dimiliki dan dipahami masing-masing individu, termasuk testing-nya," ujarnya.

Menurut dia, Kementerian Kesehatan akan mendorong self testing menggunakan rapid antigen.

"Sudah ada izin edar juga di sini. Itu bisa kita pakai. Nanti kita sosialisasikan dan kita juga akan mempromosikan ke masyarakat agar lebih sering melakukan self testing juga di rumah," ujar Budi.

"Sama kaya kita demam kita ukur temperatur sendiri kan di rumah, nggak perlu ke dokter. Jadi seperti itu. Kita harapkan kesadaran masyarakat itu penting sebagai salah satu komponen transisi pandemi ke endemi," lanjutnya.



[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Good News! Obat Covid Molnupiravir Tiba di Indonesia Hari ini


(miq/miq)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading