Simak Nih, Syarat Agar Web3 Dongkrak Ekonomi Digital RI

Tech - Khoirul Anam, CNBC Indonesia
22 March 2022 18:30
Urgensi Literasi & Perluasan Akses Inklusi Keuangan Bagi Investor Muda   (CNBC Indonesia TV)

Jakarta, CNBC Indonesia - Dunia sedang memasuki babak baru dengan hadirnya Web 3.0. Adapun Web3 merupakan visi masa depan internet dengan istilah lain Web 3.0 yang terdesentralisasi dibangun di atas sistem blockchain.

Co-Chair Y20 Indonesia 2022 Michael Victor Sianipar mengatakan ada potensi dan peluang besar di era Web3, namun bergantung pada kesiapan generasi muda dan infrastruktur RI untuk berkompetisi. Yang terpenting di era Web3 dan digitalisasi adalah sumber informasi yang terpercaya sebagai panduan .

"Jadi informasi dari pemerintah penting, meski survei menunjukkan biasanya informasi yang terpercaya adalah orang tua, teman, layanan digital, social media, dan influencer social media. Jadi tantangannya bukan edukasi finansial, melainkan missed informasi finansial," kata Michael dalam CNBC Indonesia Economic Outlook 2022, Selasa (22/3/2022).


Selain itu diperlukan edukasi digital finansial, sehingga menekan pemanfaatan Web3 yang merugikan masyarakat. Kemudian dari sisi pemerintah ada empat hal yang harus ditinjau, pertama infrastruktur.

"Partisipasi dalam ekonomi digital tidak akan terjadi kalau infrastruktur digital tidak kuat. Dibutuhkan kepastian listrik, band with, itu yg perlu diperhatikan pemerintah dan itu harus sama rata," kata dia.

Kedua, regulasi, karena adanya banyak risiko yang muncul di era Web3. Tanpa regulasi maka masyarakat tidak memiliki jaminan.

Ketiga, perluasan ke daerah, karena transformasi digital transformasi menurutnya harus merata di setiap daerah bukan hanya di perkotaan. Jika bisa berlangsung secara merata, maka masyarakat bisa keluar dari kemiskinan.

"Degan begitu terobosan-terobosan yang dilakukan oleh layanan keuangan digital bisa menjamah penduduk yang lebih luas, dan bisa menjadi solusi bagi permasalahan kesenjangan," ungkap Michael.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Kenalin Nih, Startup yang Digadang jadi Unicorn Baru


(rah/rah)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading