Economic Outlook 2022

Pahami Dulu, Biar Gak Salah 'Jalan' Soal Investasi

Tech - Khoirul Anam, CNBC Indonesia
22 March 2022 14:55
VP External Affairs Pluang Wilson Andrew (CNBC Indonesia/Tri Susilo)

Jakarta, CNBC Indonesia - Generasi muda dapat berkontribusi menggerakkan ekonomi Indonesia dengan berinvestasi. Namun untuk berinvestasi harus digiatkan literasi keuangan. 

VP External Affairs Pluang Wilson Andrew mengatakan, literasi keuangan yang perlu dilakukan adalah dengan mengedepankan prinsip investasi. Investasi tersebut untuk mencapai tujuan finansial. Bentuknya bisa investasi untuk keluarga, untuk pendidikan anak, untuk liburan hingga membeli barang yang diinginkan.

"Jadi prinsip investasi tersebut tidak sama dengan cara cepat menjadi kaya," ujarnya dalam CNBC Indonesia Economic Outlook 2022, Selasa (23/3/2022).


Untuk mencapai tujuan finansial tersebut, generasi muda perlu tahu tentang berbagai jenis instrumen. Mulai dari emas, reksa dana hingga kripto.

"Kami bilang berinvestasilah pada instrumen yang Anda pahami. Jangan ikut-ikutan. FOMO (fear of missing out). Dalam berinvestasi harus ada mitigasi risiko. Kita harus menempatkan investasi pada produk yang tepat," terangnya.

Wilson Andrew menambahkan literasi keuangan mudah untuk disampaikan tetapi sulit untuk dilakukan. Sebab itu, literasi keuangan perlu dilakukan secara terus menerus.

"Melalui Pluang kami tidak hanya menyasar masyarakat perkotaan, tetapi menyentuh pedesaan untuk belajar mengenai hal itu.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Milenial Mau Ikut Gerakkan Ekonomi Indonesia, Ini Caranya!


(bul/bul)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading