Prediksi Elon Musk Kapan Manusia Mulai Tinggal di Mars

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
21 March 2022 14:40
Elon Musk

Jakarta, CNBC Indonesia - Sudah banyak misi antariksa yang menuju Mars. Bos SpaceX, Elon Musk memperkirakan kapan manusia juga bisa melihat langsung Mars.

Pada 2016, Elon Musk telah mengungkapkan ambisi besarnya untuk mendirikan kota di Mars. Kala itu, dia berharap kru misi tersebut bisa meluncur tahun 2024 mendatang.

Sejak saat itu, perusahaan telah membuat banyak kemajuan dalam membangun roket Mars. Namun ternyata tidak cukup cepat untuk memenuhi garis waktu rencana awal.


Pada Desember 2020, dia punya prediksi waktu terbaru. Elon Musk menargetkan manusia bisa sampai ke Mars tahun 2026.

Hunian pertama manusia di planet Mars. (Dok: ABIBOO studio/SOnet)Foto: Hunian pertama manusia di planet Mars. (Dok: ABIBOO studio/SOnet)

Akhirnya Elon Musk mengungkapkan prediksi terbaru. Dalam unggahan Twitternya, pria 50 tahun itu memperkirakan 2029 sebagai tanggal awal manusia menginjak kaki di Mars, dikutip dari Cnet, Senin (21/3/2022).

Jika itu benar maka akan berselang 60 tahun saat manusia mendarat di Bulan pertama kali yakni tahun 1969 lalu.

Sebagai informasi, Starship dirancang SpaceX untuk membawa astronot ke Bulan untuk NASA dan pemberhentian terakhir menuju Mars. Pesawat itu telah melakukan sejumlah penerbangan ketinggian yang sukses, namun belum sampai antariksa.

Dalam dua tahun terakhir, Elon Musk membuat sejumlah keributan terkait Starship dan pergi ke Mars. Misalnya saat peraturan peluncuran federal menurutnya memperlambat proses menuju planet tetangga.

Hunian pertama manusia di planet Mars. (Dok: ABIBOO studio/SOnet)Foto: Hunian pertama manusia di planet Mars. (Dok: ABIBOO studio/SOnet)

Selain itu juga melontarkan soal kebangkrutan jika SpaceX tidak bisa memproduksi raptor Starship lebih cepat.

Cnet menuliskan jika perkiraan tersebut kembali meleset, mungkin akan masuk ke tahun 2030-an. Jadi akan sama seperti NASA yang memperkirakan astronotnya pertama kali sampai di Mars.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Elon Musk Ingin Pensiun dari Tesla & Space X, Ini Penyebabnya


(npb/roy)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading