BRIN Bicara Bandar Antariksa Sendiri, Libatkan Elon Musk?

Tech - Muhammad Iqbal, CNBC Indonesia
17 March 2022 16:50
Kepala Organisasi Riset Penerbangan dan Antariksa BRIN Robertus Heru Triharjanto (Dok: BRIN)

Jakarta, CNBC Indonesia - Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) berambisi Indonesia memiliki Bandar Antariksa sendiri. Biak, Papua disebut salah satu calon lokasinya. Proyek ini libatkan Elon Musk?

Kepala Organisasi Riset Penerbangan dan Antariksa Badan Riset dan Inovasi Nasional Robertus Heru Triharjanto mengatakan keuntungan Indonesia dalam membaut Bandar Antariksa adalah negara tropis kepulauan.

"Ini yang kita tawarkan kepada investor dan penyedia teknologi peluncuran satelit internasional. Kita siapkan lahan, produk hukum dan SDM (sumber daya manusia) pendukung," terangnya kepada CNBC Indonesia, dikutip Kamis (17/3/2022).


Robertus Heru menambahkan saat ini ada investor yang berminat untuk berinvestasi namun mereka masih sebatas melihat-lihat, belum benar-benar menginvestasikan uangnya untuk rencana Bandar Antariksa Indonesia.

"Karena memang ini teknologi khusus dan memerlukan izin dari pemerintah karena menyakit keamanan negara. Kita berharap bisa segera terwujud," terang Robertus Heru.

Terkait isu Elon Musk, Robertus Heru meluruskan. Menurutnya SpaceX perusahaan Elon Musk tidak bermaksud untuk meluncurkan satelitnya dari Indonesia.

"Dia itu mikirnya mau bawa penumpang. Misalnya daru New York ke Jakarta pakai roket. Kita juga menyambut baik kalau memang mereka berminat untuk melakukan investasi tersebut di Indonesia," terangnya.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

BRIN & Tantangan Pengembangan Mobil Listrik RI


(roy/roy)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading