Teknologi Tak Biasa di Baju Tentara Rusia, Harganya Selangit!

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
08 March 2022 13:50
Sejumlah tentara Rusia berdatangan lagi di Bandara Internasional Almaty Kazakhstan pada Minggu (9/1/2022). (AP/Vladimir Tretyakov)

Jakarta, CNBC Indonesia - Serangan ke Ukraina, Rusia memamerkan kekuatan militer terbaiknya. Salah satunya, tentara negara itu dilengkapi Ratnik generasi kedua atau Ratnik-2.

Ratnik-2 memiliki lima elemen terintegrasi yakni menyediakan serangan, pertahanan, kendali, bantuan hidup dasar, dan pasokan energi. Setiap elemen tersebut menggabungkan sub-sistem modular yang bisa ditukar sesuai dengan kondisi iklim serta sifat lingkungan pertempuran, demikian dilaporkan RT, dikutip Selasa (8/3/2022).

Contohnya di Rusia Tengah dengan kamuflase warna dominan hijau dan hitam. Di Suriah skema warnanya adalah merah mudah/hijau mudah/abu-abu, membuat pasukan bisa berkamuflase dengan medan yang berpasir.


Warna tersebut juga berbeda digunakan saat di Kutub Utara. Di sana baju akan berwarna hitam-putih.

Selain kamuflase, pengembang mengatakan telah mempertahankan tingkat kenyamanan maksimal pada penggunaan aktivitas sehari-hari. Sebagai catatan, baju tempur itu bisa digunakan hingga 48 jam secara terus menerus.

Baju juga dirancang dua model yakni untuk versi musim panas dan musim dingin. Pada setelan musim dingin terdapat insulasi termal dan sumber panas, dengan sambungan baterai maka sistem pemanas pribadi akan diaktifkan.

Semua bagian setelan bisa dicampur dan dicocokkan. Bobot total versi standard yang memberikan perlindungan dari serangan langsung senapan runduk adalah sekitar 10 kg.

Sementara itu setelan dengan versi lengkap bersama dengan helm, rompi serbu (dengan perlindungan level 6) serta pelindung paha dan bahu, maka beratnya mencapai 20 kg.

Pakaian tempur itu juga mampu melindungi sekitar 90% dari area tubuh prajurit. Pasukan juga dilengkapi dengan persenjataan yang komplit, termasuk senapan serbu dan senapan mesin.

Laman Military Machine menuliskan satu setel Ratnik-2 memiliki harga 200.000 Rubels atau Rp 22,2 juta. Pada tahun 2020, militer Rusia juga telah menerima 200 ribu set.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Ngeri, Ini Teknologi Tak Biasa di Baju Tempur Tentara Rusia


(npb/npb)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading