Ngeri, Ini Teknologi Tak Biasa di Baju Tempur Tentara Rusia

Tech - Teti Purwanti, CNBC Indonesia
06 March 2022 13:46
Tentara Rusia, Uzbekistan dan Tajikistan saat latihan militer bersama. (AP/Didor Sadulloev)

Jakarta, CNBC Indonesia - Serangan Rusia ke Ukraina sudah berlangsung lebih dari sepekan. Banyak negara yang mengecam keputusan Presiden Vladimir Putin dan berharap agar peperangan segera dihentikan.

Namun, harapan banyak negara tersebut nampak sulit dihentikan. Apalagi ternyata militer Rusia sangat siap dengan pertempuran yang harus mereka hadapi.


Bahkan perang Rusia dan Ukraina jadi ajang pamer teknologi perang di negara pecahan Uni Soviet. Tentara Rusia dilengkapi sistem Ratnik generasi kedua (Ratnik-2).

Perangkat pertempuran tersebut terdiri dari lima elemen terintegrasi yang menyediakan serangan, pertahanan, kendali, bantuan hidup dasar, dan pasokan energi. Seperti dilansir dari RT, tiap-tiap elemen itu menggabungkan subsistem modular yang dapat ditukar sesuai dengan kondisi iklim dan sifat lingkungan pertempuran.

Misalnya, di zona Rusia Tengah, para prajurit menggunakan kamuflase dengan warna dominan hijau dan hitam, sementara di Suriah, pakaian para prajurit memiliki skema warna merah muda/hijau muda/abu-abu yang memungkinkan pemakainya untuk berkamuflase dengan medan berpasir. Para prajurit biasanya menjuluki pakaian itu Piggy karena kombinasi warnanya yang takbiasa.

Di Kutub Utara, para prajurit mengenakan pakaian berwarna hitam-putih. Pengembang setelan tempur itu mengatakan bahwa, selain fungsi kamuflase, ia juga mempertahankan tingkat kenyamanan maksimal selama aktivitas sehari-hari pemakainya. Pakaian tersebut dapat dipakai terus-menerus selama setidaknya 48 jam.

Kain yang digunakan dibuat dengan formulasi khusus yang memungkinkan udara tetap masuk, tetapi menolak kelembapan. Versi musim dingin setelan ini juga telah dirancang.

Tak seperti versi musim panas, setelan musim dingin memiliki insulasi termal dan sumber panas. Cukup sambungkan baterai dan sistem pemanas pribadi akan diaktifkan. Semua bagian komponen setelan ini dapat dicampur dan dicocokkan. Bobot total versi standar yang terdiri dari satu setel oversuit dengan pelindung tubuh.

Hal ini memberikan perlindungan terhadap serangan langsung dari senapan runduk adalah sekitar 10 kilogram, sedangkan versi lengkap dengan helm, rompi serbu (dengan perlindungan level 6), dan pelindung paha dan bahu, berbobot sekitar 20 kilogram.

Secara keseluruhan, pakaian tempur baru akan mampu melindungi sekitar 90 persen area tubuh seorang prajurit . Untuk menyerang musuh, si prajurit dilengkapi dengan persenjataan yang komplet, termasuk senapan serbu dan senapan mesin.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Putin Lagi Mau Aturan Uang Kripto, Kabar Baik Atau Buruk?


(sef/sef)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading