Inikah Tanggal Peluncuran iPhone SE 3 Penghancur Android?

Tech - Lalu Rahardian, CNBC Indonesia
03 March 2022 14:30
Apple

Jakarta, CNBC Indonesia - Perusahaan teknologi Apple akan menggelar sebuah acara pada 8 Maret 2022 waktu Amerika Serikat (AS). Acara tersebut disinyalir menjadi ajang Apple memperkenalkan iPhone 5G model terbarunya yang berharga murah ke publik atau iPhone SE 3.

Melansir CNBC Internasional, Apple Event pada 8 Maret nanti akan bertema 'Peek Performance'. Acara ini akan disiarkan langsung melalui YouTube dan laman Apple.

Berbagai pihak menduga Apple akan mengumumkan kehadiran iPhone 5G dengan harga murah dan dilengkapi fitur pemindaian jari dalam acara tersebut. Selain itu, perusahaan teknologi asal AS ini juga digadang akan memperkenalkan iPad baru di waktu bersamaan.


iPad baru yang akan diperkenalkan Apple disinyalir menjadi versi pembaruan dari iPad Air yang kini tersedia di pasar. Saat ini, iPad Air terakhir kali mendapat pembaruan pada Oktober 2020.

Selain diduga akan menjadi ajang perkenalan gawai baru, acara Apple pada 8 Maret mendatang juga diperkirakan menjadi sarana perusahaan merilis iOS 15.4. iOS teranyar ini diprediksi akan dilengkapi beberapa fitur baru seperti opsi pengenalan wajah untuk membuka perangkat ketika pengguna memakai masker, dan kemampuan melakukan pembayaran kartu kredit dengan teknologi nirsentuh tanpa perangkat tambahan.

Meski diprediksi akan banyak memperkenalkan gawai dan iOS baru, namun event Apple Maret ini diduga tidak akan sebesar acara perusahaan yang biasa digelar pada musim gugur atau konferensi pengembang tahunan alias WWDC pada Juni setiap tahun.

AppleFoto: tangkapan layar situs Apple.com

Biasanya, Apple memperkenalkan model iPhone premium terbarunya di ajang musim gugur. Peluncuran perangkat keras baru juga kerap dilakukan Apple pada WWDC.

Analis Loop Capital Markets John Donovan memperkirakan iPhone murah ini akan dibandrol dengan harga mulai  US$300 atau Rp 4,3 jutaan. Harga tersebut lebih murah dibandingkan pendahulunya. Sebagai informasi, iPhone SE (2020) dijual mulai dari US$399 atau sekitar Rp 5,7 juta.

Jika perkiraan harga ini benar, maka iPhone SE 3 akan bersaing dengan sejumlah ponsel Android. Sebab banyak perusahaan yang menjual ponselnya dengan harga serupa Tech Radar menuliskan kemungkinan kelompok pembeli ini yang menjadi target untuk iPhone SE 3.

Kabarnya tidak ada terlalu banyak perubahan pada model 2022 ini. Apple menempatkan prosesor lebih cepat, yang kemungkinan adalah A15 Bionic dan didukung jaringan 5G.

Sementara itu analis Ming-Chi Kuo memperkirakan Apple mengerjakan dua model iPhone SE sekaligus untuk diluncurkan tahun ini dan 2023. Ponsel yang dirilis tahun 2022 kemungkinan memiliki memori 3GB dan 4GB pada iPhone SE tahun depan.

iPhone SE 3 kabarnya juga memiliki layar LCD dan juga fitur Face ID. Sedangkan pada kamera belakangnya juga tidak banyak peningkatan serta desain eksternal yang kemungkinan sama seperti pendahulunya.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

iPhone 'Murah' Terbaru Siap Meluncur Maret 2022?


(roy/roy)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading