Diam-diam Ponsel China Ini Mau Geser Dominasi Apple & Samsung

Tech - Intan Rakhmayanti Dewi, CNBC Indonesia
23 February 2022 17:30
Peluncuran realme 5 (youtube  realme Indonesia)

Jakarta, CNBC Indonesia - Realme akan meluncurkan smartphone high-end pertamanya ke pasar global pekan depan. Peluncuran smartphone ini menjadi salah satu upaya dari produsen asal China itu untuk melebarkan sayap di pasar global.

Langkah ini akan membuat Realme bersaing dengan merek seperti Apple dan Samsung yang mendominasi segmen kelas atas, serta saingan sesama produsen China Xiaomi yang telah berkembang pesat di luar negeri.

Realme GT 2 dan GT 2 Pro akan diluncurkan pada hari Senin pekan depan di Mobile World Congress (MCW) tahunan di Barcelona, Spanyol. Ini adalah penampilan pertama perusahaan di pameran teknologi terbesar di dunia.


"Di pasar China dan Eropa, kami ingin fokus pada terobosan ke pasar kelas atas," kata CEO Realme Sky Li dalam sebuah wawancara eksklusif, dikutip dari CNBC Internasional, Rabu (23/2/2022).

Di pasar Eropa, serta pasar lainnya, kata Li, mereka memposisikan diri sebagai penyedia smartphone terjangkau dengan spesifikasi dan desain trendi.

Realme mungkin saat tidak begitu dikenal oleh konsumen di Eropa Barat atau AS, namun itu sudah sedikit berubah. Pada kuartal keempat, Realme melaporkan telah mengirimkan 20,65 juta smartphone, naik 48% YoY, menurut data dari Counterpoint Research.

Sementara itu Apple melihat penurunan, dan Samsung hanya melihat pertumbuhan 8%. Namun, pengiriman Realme relatif kecil dengan pangsa pasar global yang hanya 6%.

Li berharap untuk mempertahankan pertumbuhan yang sehat tahun ini. "Pada 2021, kami berhasil tumbuh 50%. Dalam tiga tahun terakhir, kami terus tumbuh tinggi. Pada tahun 2022, kami ingin mempertahankan tingkat pertumbuhan, pada 40% atau 50%," ujar Li.

Dia menambahkan bahwa perusahaan ingin menjual lebih dari 85 juta ponsel secara global.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Daftar HP Samsung, Xiaomi, Oppo yang Dapat Update Android 12


(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading