Jaringan 3G Dihapus, Pengguna Tesla & Honda 'Menderita'

Tech - Intan Rakhmayanti Dewi, CNBC Indonesia
23 February 2022 15:05
Kominfo Minta Jaringan 3G Dihapus

Jakarta, CNBC Indonesia - Jutaan kendaraan di Amerika Serikat (AS), termasuk Tesla, Audi, Honda dan Nissan, akan kehilangan beberapa fitur darurat dan kenyamanan di mobil mereka.

Hal itu karena operator seluler AT&T menjadi perusahaan telekomunikasi pertama yang menonaktifkan jaringan 3G-nya tahun ini.

Mengutip CNBC Internasional, Rabu (23/2/2022), penghentian jaringan 3G atau yang dikenal sebagai istilah network sunsets itu tak hanya mempengaruhi ponsel lama. Tapi juga produk lain seperti sistem keamanan rumah dan kendaraan yang menggunakan jaringan 3G untuk pembaruan dan komunikasi jarak jauh.


Seperti misalnya dampak bagi pemilik mobil dengan fitur yang membutuhkan jaringan 3G. Jutaan mobil tersebut di antaranya dibuat selama satu dekade terakhir atau lebih dengan konektivitas 3G.

Beberapa pemilik kendaraan kemungkinan tidak mengalami masalah ini, sementara yang lain dapat kehilangan layanan tanggap darurat otomatis jika terjadi kecelakaan.

Tak hanya itu fitur infotainment dan kenyamanan tertentu seperti navigasi dan fitur aplikasi smartphone juga akan hilang.

"Anda punya banyak kendaraan di luar sana yang memiliki unit kontrol telematika 3G tertanam, modem dan antena yang hanya akan bekerja pada jaringan 3G," kata Kenny Hawk, CEO Mojio, perusahaan layanan mobilitas yang bermitra dengan Volkswagen dan Audi untuk mempertahankan layanan darurat.

Pemutusan jaringan 3G diharapkan tidak hanya membuat kendaraan menjadi kehilangan banyak fitur, tapi dapat menyebabkan ketidaknyamanan dan mengurangi fitur keselamatan darurat.

Nilai jual kembali kendaraan juga dapat terpengaruh, karena beberapa fungsi mungkin tidak berfungsi seperti saat kendaraan masih baru.

Beberapa solusi dari pembuat mobil untuk memperbaiki masalah sangat bervariasi. Mulai dari menghentikan beberapa layanan hingga menawarkan peningkatan perangkat lunak dan perangkat keras.

Beberapa produsen diantaranya mengharuskan pemilik membayar biaya satu kali atau mendaftar dalam langganan bulanan atau tahunan baru.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Permintaan Menkominfo ke Operator Seluler: Hapus Jaringan 3G


(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading