Kapan Internet 5G Bisa Dipakai Semua Warga RI? Ini Bocorannya

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
06 October 2021 17:27
Infografis: Cara Mengubah Jaringan 4G ke 5G, Agar Nikmati Internet Ngebut

Jakarta, CNBC Indonesia - Tahun ini menjadi penanda Indonesia sudah masuk ke era 5G. Namun sejauh ini baru beberapa kota saja yang bisa mengakses layanan ini serta belum semua handset terhubung dengan jaringan tersebut.

Beberapa kota yang sudah ada layanan 5G adalah Jabodetabek, Solo, Medan, Balikpapan, Denpasar, Batam, Surabaya, Makassar, Balikpapan dan Bandung. Sejauh ini juga baru tiga operator yang mengantongi izin menggelar 5G secara komersial yakni Telkomsel, Indosat, dan XL Axiata.

Lalu kapan keberadaan 5G akan masif di Indonesia?


Jerry Soper, Head of Ericsson Indonesia menjelaskan ada banyak peralatan untuk bisa meningkatkan kemampuan jaringan dan membawa lebih banyak traffic. Dia memprediksi dalam beberapa tahun ke depan sudah bisa melihat layanan yang jauh lebih luas dan banyak jangkauan.

"Mungkin dalam beberapa tahun ke depan saya yakin kita mulai melihat layanan jadi lebih luas dan memiliki lebih banyak jangkauan," kata Jerry, dalam diskusi secara online, Rabu (6/10/2021).

Namun dia menambahkan dengan lebih banyak spektrum yang tersedia akan diikuti dengan peluncuran jaringan lebih cepat lagi.

Head of Network Solutions Ericsson Indonesia, Ronni Nurmal mengatakan selain jaringan juga melihat penetrasi handset 5G. Saat ini perkembangannya makin banyak perangkat yang mendukung jaringan tersebut dan dijual dengan harga yang lebih murah.

"Sekarang dengan handset 5G semakin murah semakin banyak beli handset 5G. Operator juga akan semakin menerima demand supaya 5G dikembangkan lebih cepat lagi. Untuk menjangkau area-area yang usernya udah punya handset jadi," kata dia.

Sementara itu dia menambahkan soal spektrum frekuensi. Menurutnya semua spektrum penting untuk jaringan 5G, walaupun sempat ada tantangan di 2,3 Ghz justru dia nilai berkembang cukup cepat juga.

Termasuk pada handset yang mendukung jaringan tersebut, harganya menurun dengan cepat.

Menurutnya dengan banyaknya spektrum, maka operator dapat memberikan layanan yang lebih baik lagi.

"Sebenarnya operator semakin banyak spektrum yang mereka punya mereka akan bisa memberikan layanan yang lebih baik untuk pelanggannya, baik 2,3; 3,5 atau existing band sekarang. Tergantung memosisikan layanan 5G itu tadi," jelasnya.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

27 Mei Hari Bersejarah, Internet 5G Lahir di Indonesia


(roy/roy)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading