Serba Digital, Ini Keunggulan Layanan Jago Syariah

Tech - Lalu Rahadian, CNBC Indonesia
22 February 2022 15:32
Bank Jago Syariah

Jakarta, CNBC Indonesia - Aplikasi perbankan syariah yang baru diluncurkan PT Bank Jago Tbk (ARTO) memiliki berbagai keunggulan dibanding layanan syariah serupa. Salah satunya, aplikasi bernama Jago Syariah ini memiliki berbagai fitur dan produk yang sama dengan milik aplikasi konvensional Bank Jago.

Direktur Utama Bank Jago Kharim Siregar berkata, inovasi dan fitur di aplikasi Jago Syariah dipastikan secanggih aplikasi Jago konvensional. Bedanya, seluruh layanan dan produk Jago Syariah dipastikan hadir sesuai prinsip-prinsip keuangan syariah.

"Nasabah tak perlu milih lagi mau layanan konvensional, syariah, atau mau memiliki dua rekening, karena cukup menggunakan satu aplikasi semua layanan bisa dinikmati. Ini hal baru karena kami bisa layani dua segmen dengan fitur yang sama, dengan bedanya di underlying-nya yang syariah harus memenuhi aspek-aspek syariah. Jadi nggak ada anak tiri, semua anak kandung," kata Kharim dalam peluncuran aplikasi Jago Syariah secara virtual, Selasa (22/2/2022).


Layanan syariah dari perusahaan lahir karena Bank Jago melihat besarnya potensi keuangan syariah di Indonesia. Akan tetapi, potensi besar tersebut belum optimal dimanfaatkan selama ini.

Berdasarkan data Otoritas Jasa Keuangan (OJK), hingga November 2021 aset perbankan syariah (bank syariah dan UUS) tercatat sebesar Rp 646 triliun atau hanya 6,5% dari total aset perbankan umum yaitu Rp 9.913,7 triliun. Sementara dana pihak ketiga (DPK) mencapai Rp 512,8 triliun atau setara 7% dari total DPK perbankan umum yang mencapai Rp 7.323,4 triliun.

Kharim berkata, Bank Jago optimis kehadiran Jago Syariah bisa mengungkit minat masyarakat yang hendak menggunakan layanan keuangan syariah ke depannya. Apalagi, Jago Syariah hadir dalam bentuk digital dan sudah terhubung dengan ekosistem yang dimiliki Bank Jago.

"Segmen milenial jauh lebih terbiasa gunakan digital, jadi mereka seamless, mudah. Tapi kami lihat banyak segmen di luar milenial melihat kemudahan penggunaan bank digital. Kalau kami bisa berikan layanan syariah untuk segmen ini pasti akan membawa kemudahan bagi mereka," katanya.

Aplikasi Jago Syariah memiliki fitur tabungan menggunakan akad wadiah yang sifatnya titipan dan tidak terdapat imbalan. Kemudian, Jago Syariah juga bebas biaya admin dan akan dilengkapi dengan fitur deposito mudharabah dalam waktu dekat.

Pengguna aplikasi Jago Syariah bisa membuat kantong (pocket), isi ulang uang elektronik, serta memiliki kartu debit digital dan fisik seperti yang ditawarkan layanan Jago konvensional. Selain itu, pengguna Jago Syariah juga bisa menabung dengan fitur Saving Pocket, Plan Ahead, dan Investing.

Head of Sharia Business Bank Jago Roy Iskandar berkata, saat ini sudah ada banyak ekosistem digital yang tertarik bekerjasama dengan Jago Syariah. Menurutnya, kolaborasi antara Bank Jago Syariah dan ekosistem digital syariah lain akan segera terwujud dalam waktu dekat.

"Insya Allah awal April kita masuki Ramadan, dari Bank Jago dan Jago Syariah akan kolaborasi untuk membuat program terkait Ramadan. Misalkan nanti apa yang kami miliki dari sekarang seperti kantong bersama akan lebih menarik karena biasanya saat Ramadan kan kita ngabuburit atau kunjungan ke panti asuhan. Dengan kantong ini kita bisa kontribusi di program itu. Kedua, zakat sebagai kewajiban seorang Muslim tentunya kita memiliki program-program terkait di Ramadan dan Idulfitri," ujar Roy.

 


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Investasi ke Bank Jago, Ini Cerita Ribbit Ubah Besi Jadi Emas


(rah/rah)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading