Pasien Omicron Gejala Ringan, Bisakah Dirawat di Rumah Sakit?

Tech - Intan Rakhmayanti Dewi, CNBC Indonesia
08 February 2022 12:45
Suasana ruang pasien Covid-19 yang kosong disalah satu Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) di Jakarta, Senin (30/8/2021). Kasus Covid-19 di DKI Jakarta kini mulai terkendali dengan turunnya kasus baru, kasus aktif serta ketersediaan rumah sakit yang mulai menurun. Pantauan CNBC Indonesia dilokasi ruangan kosong terlihat dibeberapa lantai rumah sakit. 
Peti jenazah juga masih tersedia diruang lantai dasar rumah sakit. (CNBC Indonesia/ Tri Susilo)

Jakarta, CNBC Indonesia - Wakil Ketua Umum Perhimpunan Rumah Sakit Seluruh Indonesia (PERSI) Agus Suryanto mengatakan rumah sakit tidak dipenuhi oleh pasien Omicron dengan gejala ringan.

Hal ini ia sampaikan saat wawancara dalam program PROFIT dengan CNBC Indonesia, Selasa (8/2/2022).

Saat ditanya tentang kebenaran apakah saat ini yang dirawat di rumah sakit adalah kebanyakan pasien yang bergejala ringan, ia menyatakan mereka yang bergejala ringan apalagi tidak bergejala tidak perlu rawat inap di rumah sakit.


"Tidak saya kira, kebijakan kita kan disalah satu kewaspadaan ini memang sesuai kebijakan pemerintah juga yang ringan ya tidak perlu masuk rumah sakit, apalagi yang tidak bergejala," ujarnya.

Jadi diharapkan rumah sakit hanya merawat dari pasien dengan gejala yang sedang, berat dan kritis saja.

Namun di satu sisi kebijakan saat ini juga tergantung dengan perkembangan kasus yang terjadi.

Dengan skenario jika ledakan kasus melebihi kapasitas seperti gelombang kedua, pihak rumah sakit akan selektif lagi pada pasian Covid-19 yang dirawat.

"Kalau ledakan itu melebih kapasitas gelombang kedua kita harus lebih selektif lagi dan bekerja sama dengan stakeholder yang lain maka rumah sakit kemungkinan hanya merawat yang kritis saja nanti ke depannya, skenarionya begitu." pungkasnya.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Gejala Omicron Lebih Ringan dari Varian Delta, Ini Alasannya


(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading