Apple iPhone Jadi Raja di Kandang Xiaomi, Vivo, Oppo, Honor

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
27 January 2022 16:40
Antrian pembeli Iphone 13 di New York. (AP/Richard Drew)

Jakarta, CNBC Indonesia - Apple berhasil menjadi jawara smartphone di pasar China untuk pertama kalinya dalam enam tahun terakhir. Ini tercapai karena iPhone 13 yang diluncurkan September 2021.

Menurut lembaga riset Counterpoint Research, pada kuartal IV-2021 pangsa pasar Apple iPhone di China mencapai 23% dan penjualannya meningkat 32% secara tahunan (yoy).

"IPhone 13 baru telah memimpin kesuksesan karena harga awal yang relatif lebih rendah saat dirilis di China, serta kamera baru dan fitur 5G," kata analis Counterpoint Research Mengmeng Zhang, seperti dikutip dari CNBC International, Kamis (27/1/2022).


"Selanjutnya, Huawei, pesaing utama Apple di pasar premium, menghadapi penurunan penjualan karena sanksi AS yang sedang berlangsung."

Pada kuartal IV-2021, Huawei hanya memiliki 7% pangsa pasar di China dan penjualan turun 73% (yoy) padahal raksasa teknologi China ini pernah menjadi penguasa pasar smartphone dunia menggeser Samsung.

Adapun peringkat kedua di pasar China adalah Vivo dengan pangsa pasar 19%. Berikutnya Oppo sebesar 17% dan Honor sebesar 15% dan Xiaomi 13%. Semua merek ini adalah pembuat smartphone domestik China yang juga telah berkembang di pasar global.

Pasar China menurun

Counterpoint Research mengatakan penjualan smartphone di pasar China turun 2% (yoy) karena beberapa alasan. Salah satunya, kekurangan semikonduktor dan komponen global telah mempengaruhi kemampuan vendor untuk mengirimkan telepon.

Faktor lainnya, "Siklus penggantian smartphone rata-rata China menjadi lebih lama," kata analis Senior Counterpoint Research Ivan Lam..

Selain itu, China "mengalami lingkungan ekonomi yang kompleks di mana ekspor mendorong pertumbuhan dan pengeluaran domestik tetap loyo." Belanja konsumen yang lamban telah menjadi hambatan bagi perekonomian China.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Kabar Buruk Nih Buat yang Naksir iPhone 13, Masih Mau Beli?


(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading