Bukan Tahun Ini, Bos Pfizer Bocorkan Kapan Covid-19 Berakhir

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
18 January 2022 07:25
Ilustrasi Pulang Kerja (CNBC Indonesia/ Andrean Kristianto)

Jakarta, CNBC Indonesia - Petinggi produsen vaksin Pfizer membocorkan kapan pandemi Covid-19 berakhir. Namun sayang hal itu tak akan terjadi di tahun ini.

Presiden Global Pfizer Vaccines, Nanette Cocero, memprediksi pandemi bakal berakhir pada 2024. Saat itu diperkirakan pandemi telah berubah menjadi endemik.

"Kami percaya Covid-19 akan bertransisi ke keadaan endemik, berpotensi pada tahun 2024," ungkapnya, dikutip CNBC Internasional, Selasa (18/1/2022).


Sebagai informasi, endemik merupakan tahapan saat pandemi berakhir namun bukan berarti virus menjadi hilang seutuhnya dari muka Bumi. Endemik adalah keadaan penyakit menular yang terjadi hanya pada wilayah tertentu saja atau hidup di musim tertentu saja.

Pandemi berubah menjadi endemik itu dapat terjadi dengan cara kekebalan populasi masyarakat sudah mencukupi dari vaksin. Termasuk juga soal penularan virus, rawat inap, dan kematian yang telah terkendali.,

Mikael Dolsten, petugas ilmiah Pfizer, mengaitkan prediksi dengan distribusi adil vaksin ke wilayah dengan tingkat vaksinasi yang masih rendah.

"Kapan dan bagaimana tepatnya ini terjadi akan tergantung pada evolusi penyakit, seberapa efektif vaksin dan perawatan, serta distribusi vaksin yang adil ke tempat-tempat di mana tingkat vaksinasi rendah,"ungkapnya.

Varian baru juga masih faktor penentu untuk pandemi ini. Dolsten menambahkan perubahan pandemi ke endemik juga akan berbeda waktunya di tiap-tiap wilayah.

Di saat keadaan terasa akan membaik, dunia dikejutkan dengan kehadiran varian baru Covid-19 Omicron. Varian itu pertama kali ditemukan di Afrika Selatan beberapa waktu lalu.

Berikutnya Omicron dengan cepat bergerak dan menyebar ke negara lain. Indonesia juga telah mendeteksi varian tersebut di tanah air sejak bulan lalu.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Ada Omicron, Bill Gates Ungkap Kapan Pandemi Covid Berakhir


(npb/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading