Terungkap! Inilah Penyebab Kenapa Harga NFT Menjadi Mahal

Tech - Tim, CNBC Indonesia
13 January 2022 14:23
Bored Ape Yacht Club, dok coinranking

Jakarta, CNBC Indonesia - NFT atau Non Fungible Token adalah salah satu jenis aset digital yang sedang banyak digandrungi saat ini. Namun, ramainya peminat NFT ternyata memunculkan stigma bahwa NFT merupakan barang yang mahal.

Salah satu contohnya adalah NFT bernama "Testing Testing 123 #1," tulisan tangan milik CEO FTX, Sam Bankman-Fried yang dihargai senilai Rp 3,9 miliar. Pasti hal tersebut membuat Anda bertanya-tanya, sebenarnya apa penyebab harga NFT sangat mahal?

Penyebab Kenapa Harga NFT Mahal

Untuk Anda yang penasaran apa yang menyebabkan harga NFT begitu tinggi, silahkan simak beberapa alasan di bawah ini yang membuat harga NFT mahal.


1. Karya Seni Bernilai Mahal dengan Segala Prosesnya

Karya seni crypto yang termasuk ke dalam NFT bisa berbentuk macam-macam. Seperti misalnya gambar, video, gif, musik hingga aset game. Jika kita membicarakan karya seni, tentu untuk menghasilkan satu karya seni membutuhkan waktu yang panjang.

Proses untuk bisa menghasilkan karya seni, mulai dari mencari ide hingga mempresentasikannya sebagai karya bisa menghabiskan waktu yang tentunya tidak sebentar. Banyak karya seni yang bisa dihasilkan dalam waktu berbulan-bulan bahkan tahunan. Proses panjang inilah yang menjadikan NFT memiliki harga yang mahal.

2. Terdapat Orisinalitas

Aset NFT berjalan di atas jaringan blockchain sama dengan aset kripto jenis lainnya. Nah, NFT berada pada jaringan Ethereum. Dengan begitu, NFT yang sudah dienkripsi di blockchain tidak bisa diduplikat sehingga keasliannya terjamin.

Ketika karya seni atau barang sudah terjual sebagai NFT, maka akan terdapat nomor kode unik yang tidak bisa diduplikasi oleh siapapun dari pihak manapun. NFT tersebut juga akan memiliki nilai yang berbeda dengan aset NFT lainnya.

Kode unik yang terdapat pada NFT berguna untuk melacak penerbit token, kreator dan pemilik terakhirnya. Sama dengan karya seni lainnya yang bisa dikoleksi, NFT juga bisa dikoleksi. Setiap NFT akan berlaku item koleksi yang tidak bisa digandakan, sehingga membuatnya menjadi langka. Itulah alasan mengapa NFT memiliki harga tinggi.

3. Ada Kualitas Karya yang Dimunculkan

Tentunya kualitas karya juga menjadi penentu harga NFT yang sangat mahal. Hal ini juga berkaitan erat dengan proses panjang yang dibutuhkan saat membuat karya seni. Untuk menghasilkan karya seni dengan kualitas yang bagus tentu membutuhkan proses yang tidak mudah dan cukup lama. Oleh karena itu, semakin NFT atau karya seni crypto memiliki value, maka akan semakin tinggi pula harga jualnya.

4. Terdapat Popularitas Seniman

Selanjutnya, ada sumbangsih dari popularitas seniman yang menjadikan harga NFT menjadi mahal. Hasil karya NFT yang dibuat oleh kreator dengan kredibilitas dan popularitas yang bagus, secara tidak langsung akan membuat harga NFT miliknya semakin mahal. Hal tersebut dibuktikan oleh NFT termahal yang pernah dijual, Everyday's: The First 5000 Days milik seniman digital terkenal, yakni Mike "Beeple" Winkelmann. NFT tersebut dijual dengan harga 69,3 dollar atau Rp 1,009 triliun!

Mengapa Orang Rela Habiskan Miliaran Uang untuk NFT?

Tahukah Anda? Bahwa salah satu gambar dari NFT generasi pertama yang menjadi bagian dari koleksi CryptoPunk bisa bernilai Rp 131 miliar. Sebelumnya, tidak sedikit seniman yang menolak keberadaan NFT karena dikatakan sebagai penipuan yang bisa merusak lingkungan dan juga NFT menggunakan teknologi blockchain.

Mungkin Anda akan bertanya-tanya, mengapa seseorang bisa mengeluarkan uang sebesar triliunan rupiah hanya untuk membeli gambar atau hal yang menurut Anda mungkin tidak masuk akal. Namun, hal tersebut bisa menjadi biasa saja ketika Anda mulai untuk meneliti dan mengikuti NFT selama beberapa bulan.

Lalu mengapa sih, ada orang yang rela menghabiskan uang hingga miliaran dolar untuk NFT? Perlu diketahui, untuk mengeluarkan uang yang besar, tentunya mereka adalah sang jutawan yang rela menghabiskan banyak uang hanya demi simbol status.

Mungkin terlihat sangat tidak masuk akal jika suatu berita menyebutkan jumlah uang yang besar dihabiskan untuk NFT. Jangan lupa, bahwa barang berharga mahal tentu dibeli oleh orang kaya. Sebagian orang mungkin berpikir bahwa hal tersebut tidak bermanfaat. Tidak sedikit yang berkata "kenapa tidak beli aset rumah atau tanah?".

Singkatnya, orang akan membangun sebuah simbol status untuk tujuan tertentu. Mereka yang bisa mengeluarkan uang hingga miliaran bahkan triliunan untuk NFT sedang merepresentasikan bahwa mereka juga mampu membeli barang mewah lainnya di luar NFT secara mudah.

Pada dasarnya, NFT merupakan barang mahal bukan tanpa alasan. Perlu digaris bawahi bahwa alasan NFT memiliki harga tinggi bisa sebanding dengan emotional value yang dirasakan ketika berhasil mengoleksi sebuah karya. Jika Anda ingin bergabung menjadi seniman di NFT, silahkan untuk bergabung melalui marketplace NFT yang sudah banyak tersedia di Indonesia.



[Gambas:Video CNBC]

(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading