Booster Vaksin Covid Dimulai, Ini Cara Cek Tiket & Lokasinya

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
11 January 2022 19:29
Suasana penyuntikkan vaksin booster untuk nakes di RSCM.

Jakarta, CNBC Indonesia - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) memulai program penyuntikan booster vaksin Covid-19 pada 12 Januari 2022. Bagaimana cara mengecek tiket vaksinasi dan lokasi penyuntikannya?

Vaksinasi booster diberikan secara gratis untuk seluruh masyarakat Indonesia setelah diperuntukkan bagi masyarakat berusia 18 tahun ke atas dan telah menerima vaksin dosis kedua enam bulan sebelumnya.

"Kelompok prioritas penerima vaksin booster adalah lanjut usia (lansia) dan penderita immunokompromais," terang Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat Kemenkes Widyawati dalam keterangan resminya, Selasa (11/1/2022).


Untuk mengetahui kapan penerima vaksin akan disuntik booster vaksin Covid-19, masyarakat bisa mengecek tiket dan jadwal vaksinasi di website dan aplikasi PeduliLindungi. Tiket tersebut dapat digunakan di fasilitas kesehatan atau tempat vaksinasi terdekat pada waktu yang ditentukan.

Melalui website, masyarakat bisa mengunjungi pedulilindungi.id dan mengecek status dan tiket vaksinasi dengan memasukkan "Nama Lengka" dan "NIK", lalu klik periksa.

Melalui aplikasi PeduliLindungi berikut caranya:

  • Buka aplikasi PeduliLindungi
  • Masuk dengan akun yang terdaftar
  • Klik menu "Profil" yang berada di bagian atas aplikasi. Selanjutnya pilih "Status Vaksinasi & Hasil Tes Covid-19"
  • Status dan jadwal vaksinasi booster akan muncul di akun
  • Untuk cek tiket vaksin, masuk ke menu "Riwayat dan Tiket Vaksin".

"Jika termasuk kelompok prioritas tetapi belum mendapatkan tiket dan jadwal vaksinasi di aplikasi PeduliLindungi, Anda bisa datang langsung ke fasilitas kesehatan atau tempat vaksinasi terdekat dengan membawa KTP dan surat bukti vaksinasi dosis 1 dan 2," ujar Widyawati.

"Oleh karena vaksinasi menjadi syarat beraktivitas di ruang publik dan sudah terintegrasi dengan aplikasi PeduliLindungi, pastikan untuk tidak menggunakan NIK dan nomor handphone milik orang lain saat mendaftar vaksinasi booster untuk menghindari kendala administrasi di kemudian hari."


[Gambas:Video CNBC]

(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading