Dimulai Besok, Ini Lokasi Suntik Booster Vaksin Covid-19

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
11 January 2022 18:25
Keterangan pers teknis pelaksanaan vaksinasi booster COVID-19 (Tangkapan layar youtube Kementerian Kesehatan RI)

Jakarta, CNBC Indonesia - Program vaksinasi booster di Indonesia akan mulai dilakukan pada hari Rabu besok 12 Januari 2022. Pelaksanaannya akan disebar pada fasilitas layanan kesehatan milik pemerintah.

Lokasinya akan ada di Puskesmas, Rumah Sakit baik milik pemerintah dan pemerintah daerah.

"Vaksinasi booster gratis akan dilakukan di fasilitas layanan kesehatan milik pemerintah seperti puskesmas, rumah sakit pemerintah maupun rumah sakit milik pemerintah daerah," kata Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin, dalam keterangan pers online, Selasa (11/1/2022).


Dalam kesempatan yang sama dia menjelaskan vaksin booster ini akan diberikan gratis. Masyarakat bisa mendapatkan untuk yang berusia 18 tahun ke atas dan sudah mendapatkan dua dosis vaksin pertama minimal enam bulan sebelumnya.

Budi juga mengatakan sesuai arahan presiden Joko Widodo (Jokowi) akan ada yang diprioritaskan untuk vaksin booster, Yakni pada kelompok lansia dan rentan.

"Bapak presiden mengatakan prioritas diberikan kepada lansia dan kelompok rentan atau immunocompromised. Booster penting diberikan sebagai komitmen pemerintah melindungi masyarakat Indonesia dari ancaman Covid-19 varian baru," ujar Budi.

Selain itu, Budi mengatakan pemerintah juga memastikan memiliki jumlah vaksin yang cukup baik. Ini berasal dari kontrak tahun lalu dan dikirimkan tahun 2022. Selain itu ada juga tambahan signifikan dari donasi.


[Gambas:Video CNBC]

(npb/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading