Booster Vaksin Dimulai Besok, Menkes Ungkap Syarat Penerima

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
11 January 2022 17:28
Keterangan pers teknis pelaksanaan vaksinasi booster COVID-19 (Tangkapan layar youtube Kementerian Kesehatan RI)

Jakarta, CNBC Indonesia - Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin memastikan program booster vaksin Covid-19 mulai 12 Januari 2022. Vaksin ini akan diberikan secara gratis kepada seluruh masyarakat Indonesia.

Booster vaksin Covid-19 diberikan kepada masyarakat berusia 18 tahun ke atas dan sudah mendapatkan vaksinasi dosis lengkap (dua dosis) minimal 6 bulan sebelumnya.

"Bapak presiden mengatakan prioritas diberikan kepada lansia dan kelompok rentan atau immunocompromised. Booster penting diberikan sebagai komitmen pemerintah melindungi masyarakat Indonesia dari ancaman Covid-19 varian baru," ujar Budi dalam konferensi pers digital di Jakarta, Selasa (11/1/2022).


Budi menambahkan pemerintah sendiri telah memiliki vaksin yang cukup baik yang berasal dari kontrak tahun lalu dan delivery tahun ini. Ada juga tambahan signifikan dari donasi.

Sebagai informasi, COVAX berkomitmen memberikan bantuan vaksin sebesar 20% dari populasi Indonesia dan bisa ditingkatkan menjadi 30% dengan syarat tertentu. Artinya ada 54 juta dosis vaksin gratis yang bisa diberikan pemerintah.

"Pemerintah memberikan booster mempertimbangkan hasil riset penelitian dari dalam dan luar negeri," terangnya.


[Gambas:Video CNBC]

(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading