Wow! eFishery Disuntik Temasek & SoftBank Cs Rp 1,29 Triliun

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
11 January 2022 14:35
Efishery Foto: Efishery

Jakarta, CNBC Indonesia - Startup agritech Indonesia, eFishery mengumumkan mendapatkan pendanaan seri C sebesar US$90 juta atau setara Rp 1,29 triliun (asumsi Rp 14.300/US$). Pendanaan ini dipimpin oleh Temasek, Softbank Vision 2, dan Sequoia Capital India.

Selain itu ada juga investor lain yang ikut dalam pengadaan kali ini yakni Northstar Group, Go-Ventures, Aqua-Spark, dan Wavemaker Partners.

Dalam keterangan resminya, eFishery menyebutkan pendanaan ini akan digunakan dalam rangka peningkatan platform serta layanan. Selain juga melakukan penguatan produk digital eFishery dan menjadi koperasi digital terbesar untuk pembudidayaan ikan dan udang.


Startup agritech Indonesia itu juga memiliki tujuan untuk ekspansi ke luar Indonesia. Targetnya adalah 10 negara teratas pada produksi akuakultur misalnya India dan China.

"Pendanaan baru ini akan digunakan untuk mengembangkan perusahaan, ekspansi regional, dan mencapai target kami untuk menjadi perusahaan teknologi akuakultur terdepan," kata Co-founder dan CEO eFishery, Gibran Huzaifah dikutip Selasa (10/1/2022).,

"Kami sangat senang dapat bermitra dengan Temasek, SoftBank Vision Fund 2, dan Sequoia Capital India, yang kami yakini dapat menambah nilai signifikan pada platform kami".

Sejak pendanaan terakhir, perusahaan melakukan peningkatan karyawan tiga kali lipat dan saat ini jumlahnya mencapai lebih dari 900 orang. Gibran mengatakan pendanaan kali ini akan digunakan untuk melakukan perekrutan tim secara agresif terutama talent di bidang engineering dan pengembangan produk.

"Kami menargetkan untuk merekrut 1.000 karyawan baru tahun ini, tidak hanya untuk menciptakan dampak di industri akuakultur Indonesia, namun untuk skala yang lebih besar, untuk menaklukkan pasokan akuakultur global," jelasnya.

Ambisi lain eFishery adalah mengakuisisi 1 juta pembudidaya, yang diharapkan bisa tercapai dalam waktu tiga hingga lima tahun ke depan.

Investment Director Softbank Investment Adviser, Anna Lo mengatakan pihaknya siap mendukung eFishery untuk menyediakan produk pangan hasil perikanan di Indonesia dan wilayah lain. Dia juga menyatakan eFishery menjadi pelopor untuk adopsi teknologi pada pembudidaya ikan dan udang.

"eFishery mempelopori adopsi teknologi untuk pembudidayaan ikan dan udang lokal dengan platform end-to-end yang lengkap, yang mendukung mereka untuk meningkatkan produktivitas di seluruh rantai pasok, mulai dari teknologi, pasokan pakan, produksi budidaya, hingga penjualan produk segar hasil panen. Kami senang dapat bermitra dengan eFishery dan mendukung mereka untuk menyediakan produk pangan hasil perikanan yang andal dan berkelanjutan ke Indonesia dan wilayah lainnya," kata Anna Lo.


[Gambas:Video CNBC]

(npb/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading