Wow! Tiga Tahun Lagi Pemain Game di RI Tembus 127 Juta Orang

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
07 January 2022 12:40
pemain video game

Jakarta, CNBC Indonesia - Permainan dalam mobile game masih mendominasi di Indonesia. Setidaknya hampir setengahnya berasal dari platform tersebut baru diikuti seperti PC dan konsol.

"Mobile gaming mendominasi dengan 45% dari market, diikuti PC game, Playstation dan Xbox," kata CEO Melon Indonesia, Dedi Suherman, dalam talkshow Masterminding the Future of Indonesian Gaming Industry, Expo 2022 Dubai, Kamis (6/1/2021).

Dalam paparan Dedi di acara tersebut, terlihat jika platform Android mendominasi 31,3%. Sementara iOS sebesar 14%.


Berikutnya adalah game dalam PC yakni 23,8% dan Playstation 6,8%. Sedangkan 5,4% diperoleh Xbox dan Nintendo, serta lainnya sebesar 18,7%.

Hingga tahun ini, dia menjelaskan Indonesia punya 105 juta pemain. Seiring berjalannya waktu diproyeksikan jumlah pemain akan terus mengalami penambahan.

Misalnya saja pada tahun ini ada sekitar 113,9 juta pemain dan tahun depan 120,2 juta. Pada 2024, jumlahnya terus bertambah mencapai 124,7 juta pemain.

"Kita punya 104 juta pemain game dan diproyeksikan 127 juta di tahun 2025," ungkapnya.

Dalam kesempatan yang sama, dia juga berbicara soal pengaruh Covid-19 pada industri game. Pertumbuhan game pun bergerak cukup signifikan dibandingkan sebelum pandemi.

Dengan perubahan aktivitas, yakni saat orang dipaksa di rumah, ternyata itu juga merubah industri bergerak. Misalnya saja kampanye yang dilakukan juga bergerak ke arah online.

"Namun saat itu kita juga merubah arah kita berkomunikasi, mempromosikan bisnis. Jadi satu bulan setelah Covid kita berkampanye dengan eSports melalui online. Juga membuat kanal Youtube untuk seri kompetisi. Kita juga mulai berkampanye melalui media sosial dan lainnya," jelasnya.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Aturan Baru Xi Jinping yang Bikin Pening Kepala


(npb/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading