Ilmuwan Bocorkan Posisi Kursi Pesawat yang Aman dari Covid-19

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
29 December 2021 07:55
Fasilitas tempat duduk pesawat A380. (REUTERS/Fabian Bimmer)

Jakarta, CNBC Indonesia - Masih harus bepergian menggunakan pesawat di masa pandemi ini? Kamu harus memilih kursi pesawat agar aman dari Covid-19. Ilmuwan juga memberikan bocoran lokasi kursi teraman di pesawat.

Penulis studi dari Universitas Illinois of Urbana-Champaign, Sheldon Jacobson mengatakan jarak memang menjadi tantangan di pesawat. Terutama saat pesawat terisi mendekati kapasitas penuh saat liburan kali ini.

"Jadi apapun yang bisa dilakukan untuk mengurangi risiko merupakan pilih cerdas bagi semua orang," ungkapnya dikutip laman UPI, Rabu (29/12/2021).


Jacobson serta para peneliti lain menggunakan data terbaru mengenai penyebaran aerosol. Ini dilakukan untuk membuat model tempat dudukan mana yang paling aman di pesawat Boeing.

Disebutkan jika tempat duduk paling aman adalah membiarkan kursi di bagian tengah kosong dan melewatkan beberapa baris.

Baris terakhir pesawat, menurut para peneliti, memiliki transisi lebih sedikit. Penyebabnya adalah lebih sedikit orang yang berada di belakang mereka. Ada cara lain mengurangi risiko penyebaran adalah menempatkan keluarga atau kelompok duduk bersama-sama.

"Kelompok traveller sering kali terpecah, namun jika maskapai penerbangan bisa memprioritaskan menjaga anggota kelompok dekat satu sama lain, maka Anda mengelompokkan risiko itu bersama-sama dan mengurangi risiko penularan di pesawat," ungkap rekan penulis studi, Ian Ludden yang merupakan lulusan ilmu komputer.

Selain memilih kursi pesawat teraman, para ahli menekankan tetap jangan lupa menerapkan protokol kesehatan seperti menggunakan masker untuk mengurangi peluang terinfeksi Covid-19 atau penyakit lain.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Riset Ini Buktikan Bahwa Indonesia Punya Super Imunitas Covid


(npb/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading