Apa Itu NFT dan Apa Perbedaannya Dengan Aset Kripto

Tech - Redaksi, CNBC Indonesia
28 December 2021 12:50
‘Tambang Emas' Baru Bernama Non Fungible Token (NFT)

Jakarta, CNBC Indonesia - Dunia investasi Indonesia semakin dibuat makin menarik dengan kemunculan Non Fungible Token atau yang disebut-sebut NFT. Munculnya NFT banyak mendapatkan perhatian dan minat masyarakat terkhusus di Indonesia sendiri.

NFT merupakan aset digital dengan basis teknologi blockchain yang belakangan ini sedang populer di dunia kripto. NFT juga menawarkan imbalan yang besar bagi para seniman, kreator, musisi dan influencer dari investor yang bersedia membayar aset digital mereka versi NFT.

Singkatnya, NFT adalah bagian dari konten aset digital yang berhubungan dengan blockchain yang menopang cryptocurrency seperti ethereum atau bitcoin. Pasalnya nilai NFT bisa mencapai puluhan juta dollar AS! Daripada bingung membedakan antara NFT dan aset Kripto, yuk simak penjelasannya di bawah ini!


Mengenal Non Fungible Token (NFT)

Pertama-tama, mari melihat kata kunci dari nama NFT sendiri, "Non Fungible" yang berasal dari dua kata, "Fungibility" dan "Token".

Fungibility adalah kemampuan sebuah aset untuk ditukar dengan aset serupa yang memiliki nilai sama. Seperti, Anda menukar uang kertas Rp 100 ribu dengan dua lembar uang kertas Rp 50 ribu yang berarti nilainya masih tetap sama. Selanjutnya, token adalah aset digital yang bisa mewakili barang, layanan dan bentuk nilai.

NFT adalah aset digital yang berperan sebagai bukti kepemilikan barang dan dapat dibeli dengan mata uang kripto. NFT adalah aset digital yang mewakili barang berharga dengan nilai yang tidak bisa diganti atau ditukar.

Transaksi NFT dicatat dalam sebuah data yang adai di blockchain. Data ini berisi informasi seputar tentang pencipta, harga dan histori kepemilikan NFT. Sebagian besar investasi NFT diperdagangkan dengan menggunakan ether atau ETH yang merupakan koin buatan Ethereum.

NFT sendiri mulai populer pada tahun 2017, ketika game NFT yaitu Crypto Kitties pertama kali diluncurkan. Crypto Kitties adalah game yang berbasis blockchain Ethereum dimana para pemain bisa mengadopsi, memelihara dan memperdagangkan kucing virtual. Akhirnya NFT mulai mengalami perkembangan yang pesat pada akhir Januari 2021.

NFT adalah era baru sebagai medium koleksi digital dimana bisa digunakan sebagai cara baru untuk mendukung para seniman seperti artis, atlet dan musisi tanpa harus melalui perantara pihak ketiga. Namun, popularitas NFT saat ini masih sangat terbatas pada industri seni, hobi dan hiburan.

Berlanjut ke halaman berikutnya berjudul "Perbedaan NFT dan Aset Kripto Lainnya" >>>

Perbedaan NFT dan Aset Kripto Lainnya
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2 3 4
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading