Merinding! Ilmuwan Prediksi Ancaman Tsunami Lebih Cepat

Tech - Novina Putri, CNBC Indonesia
23 December 2021 18:07
Gambar Konten, Potensi Tsunami Raksasa Hantam Jawa

Jakarta, CNBC Indonesia - Sebuah penelitian terbaru bisa memprediksi ancaman tsunami lebih awal. Yakni melalui medang magnet perubahan permukaaan laut.

Sebagai informasi, tsunami menghasilkan medan magnet saat memindahkan air laut yang konduktif lewat medan magnet Bumi. Sebelumnya para peneliti memperkirakan jika medan magnet tersebut tiba sebelum perubahan permukaan laut.

Namun mereka tidak memiliki pengukuran simultan magnet dan permukaan laut yang diperlukan untuk menunjukkan fenomena itu.


Dalam studi terbaru ternyata ada bukti untuk menggunakan medan magnet tsunami dapat memprediksi ketinggian gelombang tsunami. Data peneliti itu berasal dari dua peristiwa, yaitu tsunami 2009 di Samoa dan Chili tahun 2010, dikutip Phys, Kamis (23/12/2021).

Peneliti mengonfirmasi medan magnet yang dihasilkan tsunami datang sebelum permukaan laut berubah. Besarnya bisa digunakan untuk memperkirakan tinggi gelombang tsunami nanti. Selain itu seberapa awal medan magnet datang bergantung pada kedalaman air, namun dalam studi itu ditemukan waktu kedatangan awal sekitar satu menit sebelum perubahan permukaan di atas laut sedalam 4.800 meter.

"Ini sangat menarik sebab dalam studi sebelumnya tidak punya pengamatan permukaan laut. Kami punya pengamatan (tentang) perubahan permukaan laut dan menemukan jika pengamatan tersebut sesuai dengan data magnetik kami dan simulasi teoritis," jelas penulis studi senior dan ahli geofisika Universitas Kyoto, Zhiheng Lin.

Para peneliti melihat pengukuran simultan pada perubahan permukaan laut dari data tekanan dasar laut serta medan magnet dalam dua peristiwa tsunami itu. Mereka menemukan kedatangan utama medan magnet bisa digunakan untuk peringatan dini tsunami.

Medan magnet dari tsunami disebut sangat sensitif. Ini membuat ketinggian gelombang beberapa sentimeter dapat dideteksi.

Selain itu saat peneliti membandingkan komponen horizontal dan vertikal dari medan magnet tsunami dengan perubahan permukaan laut, ditemukan jika kedua komponen bisa secara tepat memprediksi perubahan permukaan laut tsunami. Dengan catatan, model memberikan perkiraan yang baik untuk kedalaman laut serta struktur listrik di bagian bawah dasar laut.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Saat Bumi Berhenti Berputar, Ini yang Mungkin Akan Terjadi


(npb/npb)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading