Simak! Ini Prediksi Bos Pfizer Soal Kapan Pandemi Berakhir

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
20 December 2021 13:45
Ilustrasi Pulang Kerja (CNBC Indonesia/ Andrean Kristianto)

Jakarta, CNBC Indonesia - Salah satu executive Pfizer mengungkap prediksi saat pandemi Covid-19 berakhir. Menurut Presiden Global Pfizer Vaccines, Nanette Cocero, pandemi bisa berubah jadi endemi tahun 2024 mendatang.

Endemi berarti saat penyakit ini menular pada wilayah tertentu saja atau musim tertentu seperti flu musiman. Saat pandemi berakhir maka tahap selanjutnya adalah endemi, dan ini bukan diartikan virus telah menghilang dari Bumi.

"Kami percaya Covid-19 akan bertransisi ke keadaan endemik, berpotensi pada tahun 2024," ungkapnya, dikutip CNBC Internasional, Senin (20/12/2021).


Pandemi Covid-19 berubah menjadi endemi saat populasi masyarakat punya kekebalan cukup dari vaksin. Sekarang penularan virus, rawat inap, dan kematian tetap terkendali.

"Kapan dan bagaimana tepatnya ini terjadi akan tergantung pada evolusi penyakit, seberapa efektif vaksin dan perawatan, serta distribusi vaksin yang adil ke tempat-tempat di mana tingkat vaksinasi rendah," jelas kepala petugas ilmiah Pfizer, Mikael Dolsten.

Varian baru yang muncul juga berdampak atas kelanjutan pandemi. Menurutnya waktu transisi menjadi endemi bisa bervariasi tiap wilayah.

Ucapan ini datang saat Amerika Serikat (AS) berupaya memerangi lonjakan kasus yang didominasi varian Delta serta Omicron juga menyebar dengan cepat. Dalam tujuh hari penerimaan rumah sakit baru Covid-19 melonjak 4% dari minggu sebelumnya.

Penimbunan vaksin dan perawatan seperti pil antivirus oral Pfizer bisa jadi lebih umum. Ini dikatakan oleh Angela Hwang, Presiden Grup Pfizer Biopharmaceuticals. Pihak perusahaan juga berharap negara di dunia akan memprioritaskan pemberian vaksin booster.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Kapan Covid Berakhir, Ini Prediksi Bill Gates-Pfizer-Moderna


(npb/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading