CNBC Indonesia Awards 2021

MDI Ventures Dinobatkan Jadi The Best Venture Capital

Tech - Teti Purwanti, CNBC Indonesia
14 December 2021 20:19
MDI Ventures Raih Penghargaan 'The Best Venture Capital'

Jakarta, CNBC Indonesia - Media ekonomi terbesar dan terintegrasi CNBC Indonesia menggelar malam puncak CNBC Indonesia Awards 2021, sebagai bentuk apresiasi bagi korporasi atau badan usaha dan individu inspiratif dalam memimpin perusahaannya, serta kontribusi besarnya untuk perekonomian Indonesia.

Untuk kategori The Best Venture Capital diberikan kepada perusahaan modal ventura yang menunjukkan konsistensi pertumbuhan dari sisi suntikan pendanaan di tahun pemulihan pandemi. Venture capital ini juga memiliki posisi yang kuat di pasar, dan menorehkan keberhasilan mengangkat valuasi perusahaan rintisan (startup) yang didanai.

Atas inovasi dan terobosannya, kategori The Best Venture Capital diberikan kepada MDI Ventures. Penghargaan ini diterima MDI Ventures secara langsung oleh Direktur Digital Business Telkom Group, Fajrin Rasyid pada malam puncak acara CNBC Indonesia Awards 2021.


Di Indonesia, salah satu Venture Capital kenamaan yang sering mewarnai pemberitaan adalah MDI Ventures, yang merupakan kepanjangan tangan perusahaan pelat merah sektor digital yakni PT Telkom Indonesia Tbk (TLKM).

Selain berbekal amunisi dana dari induknya yakni Telkom, MDI Ventures juga dipercaya memutar dana (funds) dari berbagai investor untuk diinvestasikan ke startup di berbagai jenjang seri pendanaan mulai dari Pre-Seed, Seed, Pendanaan Seri A, Seri B, hingga C.

Tak hanya mengucurkan pendanaan, MDI Ventures juga dipercaya mengelola inkubasi dan akselerasi startup, serta jaringan angel investor-sebutan bagi investor yang tak melulu mengejar aspek komersial atas pembiayaan yang dikucurkan karena targetnya adalah jangka panjang.

Saat ini startup yang menjadi sasaran investasi (investee) MDI Ventures berjumlah lebih dari 50 startup yang tersebar di 12 negara. Nama startup lokal yang disuntik sudah tak asing lagi di telinga konsumen maupun masyarakat luas, di mana mayoritas merupakan perusahaan fintech.

Menariknya MDI Ventures menjadi venture capital yang beroperasi lintas negara (cross border). Perseroan telah memiliki kantor di Indonesia, Singapura hingga Amerika Serikat (AS), demikian juga dengan kantor perpanjangan (extended office) di Korea Selatan dan Benua Eropa.

Secara total, perseroan telah berinvestasi di 12 negara, termasuk Indonesia. Pendanaan Seri B mendominasi portofolio perseroan, yakni mencapai 14 pendanaan, diikuti pendanaan Seri C (sebanyak 10 pendanaan), dan pendanaan Seri AS (delapan pendanaan).

 


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Incar Startup Newbie, Arise Jaring Dana Investor Rp 576 M


(rah/rah)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading