Alert! Kondisi Bumi Sudah di Ujung Tanduk, Ini Buktinya

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
07 December 2021 07:06
Seal hunter Henrik Josvasson jumps back onto his boat after searching for puffin eggs near the town of Tasiilaq, Greenland, June 16, 2018. REUTERS/Lucas Jackson  SEARCH

Jakarta, CNBC Indonesia - Perubahan iklim (climate change) membuat Bumi berada dalam kondisi kritis. Ini diungkapkan dalam laporan oleh Badan Meteorologi Dunia atau WMO beberapa waktu lalu. 

WMO menyebut ada sejumlah perubahan di Bumi karena masalah tersebut. Misalnya adanya gelombang panas, selain kejadian banjir dan naiknya permukaan air laut.

Kejadian gelombang panas ini pernah terjadi pada Juni dan Juli di Amerika wilayah barat laut. Kejadian ini menjadi norma baru, ungkap Sekretaris WMO, Petteri Taalas.


"Ada banyak bukti ilmiah bahwa beberapa di antaranya menanggung jejak perubahan iklim yang disebabkan oleh manusia," kata dia seperti dilaporkan Straits Times, dikutip Selasa (7/12/2021).

Gambar 4: Jumlah banjir yang meningkat akibat pemanasan global . Sumber: www.grida.noFoto: Gambar 4: Jumlah banjir yang meningkat akibat pemanasan global . Sumber: www.grida.no

Konsentrasi gas rumah kaca juga telah meningkat dan melewati Perjanjian Paris dengan pemanasan global di bawah 2 derajat celcius.

Selain itu, tingkat karbondioksida juga dilaporkan WMO mengalami peningkatan. Tahun lalu tingkatannya menjadi 413,2 bagian per satu juta.

Jumlah itu juga melanggar apa yang tertulis dalam Perjanjian Paris. Menurut Taalas, harus mulai untuk melakukan peninjauan pada seluruh sistem industri.

Kita jauh dari jalur. Kita perlu meninjau kembali sistem industri, energi dan transportasi dan seluruh cara hidup kita," ungkap Taalas.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Ancaman Lebih Ngeri dari Covid-19 Itu Nyata, Ini Buktinya


(npb/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading