Warga +62 Kini Bisa Belanja di Thailand Pakai Gopay Cs

Tech - Cantika Adinda Putri N, CNBC Indonesia
03 December 2021 13:54
Peluncuran Standar Nasional Open API Pembayaran & Pra Resmi QRIS Antarnegara. (Tangkapan Layar Youtube)

Jakarta, CNBC Indonesia - Bank Indonesia (BI) melaporkan akseptasi penggunaan Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) telah meningkat pesat di Indonesia, bahkan kini juga telah meluas berbagai merchant atau toko di Thailand.

Hal tersebut disampaikan langsung oleh Kepala Grup Departemen Kebijakan Sistem Pembayaran Retno Ponco Windarti dalam webinar Bank Indonesia Bersama Masyarakat (Birama), Jumat (3/12/2021).

"Kita sudah soft launching QRIS cross border dengan Thailand. Sekarang sudah piloting, sebentar lagi kalau sudah cross border kalau ke Thailand cukup pakai QRIS," ujarnya.

Sebagai gambaran,penggunaan QRIS pada dasarnya menggunakan aplikasi financial technology (fintech), baik itu melalui dompet elektronik atau e-wallet atau mobile banking yang sudah terintegrasi dengan QRIS.

Misalnya Rini, pelancong asal Indonesia pergi ke Thailand, dan ingin berbelanja, Rini bisa langsung melakukan pembayaran dengan cukup scan code yang tersedia.

Jadi Gopay, DANA, OVO, Shopeepay, BCA Mobile, CIMB Octo, BNI Mobile atau aplikasi yang sudah mendukung QRIS bisa digunakan di negara tersebut.

Hal yang sama juga berlaku bagi para pelancong dari Thailand yang ingin berbelanja di Indonesia. Sehingga mereka tidak perlu untuk menukarkan mata uangnya, yakni Baht ke rupiah.

Retno menyebutkan, wisatawan akan dimudahkan ketika berbelanja di masing-masing negara dengan QRIS cross border ini.

Retno juga menjelaskan, pengguna QRIS di tanah air kini telah mencapai lebih dari 13 juta merchant atau telah melampaui target tahun ini yang sebesar 12 juta.

"Sejak diluncurkan Agustus 2019, akseptasi QRIS terus tumbuh positif. Bahkan, perluasan ekosistem QRIS telah melampaui target BI, kita targetkan di 2021 12 juta merchant QRIS, sekarang di November sudah mencapai 13 juta lebih," jelasnya.

Retno menyampaikan, 88% merchant pengguna QRIS tersebut merupakan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). "Dengan demikian, diharapkan QRIS mampu membantu masyarakat dalam menjalankan usaha di tengah pandemi."



[Gambas:Video CNBC]

(dru)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading