Ini Pemprov dengan Impementasi QRIS Terbaik, Jabar Masuk!

News - Chandra G A, CNBC Indonesia
24 November 2021 12:38
Gedung BI Foto: CNBC Indonesia

Jakarta, CNBC Indonesia - Bank Indonesia (BI) memberikan penghargaan Bank Indonesia Award tahun 2021 kepada 57 stakeholders individu/kelompok sebagai apresiasi dalam dukungan pelaksanaan tugas BI.

Penghargaan ini juga merefleksikan jalinan sinergi antara BI dan stakeholders bersama-sama Pemerintah, OJK, dan LPS dalam mempercepat pemulihan ekonomi nasional.

Salah satu kategori dari award tersebut adalah Pemerintah Provinsi dengan Implementasi QRIS Terbaik.


BI memilih 5 Pemerintah Provinsi yang mendapatkan award tersebut. Salah satu yang terbaik adalah Jawa Barat (Jabar).

Ke-5 Provinsi tersebut yakni :

1. Pemerintah Provinsi Sumatera Utara
2. Pemerintah Provinsi Jawa Barat
3. Pemerintah Provinsi Bali
4. Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur
5. Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan

BI menungkapkan, digitalisasi sistem pembayaran terus diperluas untuk mengakselerasi ekonomi dan keuangan digital nasional, antara lain melalui penguatan konsolidasi industri, pengembangan infrastruktur sistem pembayaran yang modern (QRIS, SNAP, BI FAST).

Untuk QRIS sendiri, ada perluasan target 15 juta pengguna, kerja sama QRIS antarnegara, dan melanjutkan Elektronifikasi Transaksi Keuangan Pemerintah Daerah, bansos G2P 4.0, moda transportasi, serta digitalisasi UMKM dan pariwisata.

"Ekonomi-keuangan digital akan meningkat pesat. Pada tahun 2022, nilai transaksi e-commerce diprakirakan akan mencapai Rp530 triliun, uang elektronik Rp337 triliun, dan digital banking lebih Rp48 ribu triliun," kata Gubernur BI Perry Warjiyo dalam Pertemuan Tahunan Bank Indonesia 2021, Rabu (24/11/2021).


[Gambas:Video CNBC]

(dru)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading