Apa Itu Bitcoin dan Bagaimana Cara Kerjanya?

Tech - Tim, CNBC Indonesia
02 December 2021 10:30
Bitcoin

Kepemilikan bitcoin bisa mengatasnamakan anonim sehingga bitcoin sering digunakan sebagai metode pencucian uang dan tindak kriminal lainnya. Bitcoin bisa ditransfer melalui internet kepada siapa saja yang memiliki alamat wallet bitcoin.

Dengan sistem topologi P2P dan tidak memiliki administrasi tunggal membuat mata uang digital ini sulit untuk dimanipulasi oleh entitas tertentu seperti otoritas keamanan siber atau dari pihak pemerintah manapun.

Hal tersebut membuat harga bitcoin sulit dipengaruhi inflasi karena sulit juga untuk memproduksi bitcoin dalam jumlah sangat besar.


Bitcoin membuat transaksi antar-negara menjadi lebih mudah dan privat karena sifatnya yang tidak terikat pada salah satu negara baik secara hukum atau regulasi. Transaksi yang terjadi di bitcoin akan tercatat di catatan publik dengan anonim alias tanpa nama pihak terlibat.

Sehingga memungkinkan adanya transaksi gelap atau tindakan kriminal yang sulit untuk dilacak oleh pihak otoritas karena tingkat anonimitas yang sangat luar biasa. Seperti transaksi senjata ilegal, narkotika, pendanaan terorisme dan tindakan lainnya.

Cara Membeli Bitcoin

Uang digital semacam bitcoin bisa disimpan di dompet digital yang ada pada server cloud atau pada komputer pribadi pemilik. Dompet tersebut mirip seperti layaknya rekening bank virtual yang memungkinkan pengguna untuk melakukan transaksi atau investasi.

Selain dengan bentuk transaksi, cara mendapatkan bitcoin yang paling populer dilakukan oleh orang-orang adalah dengan menambang bitcoin. Bahkan ada persaingan untuk mendapatkan bitcoin menggunakan komputer pribadi dengan menyelesaikan puzzle matematika kompleks.

Selain dengan cara menambang dan transaksi antar pengguna, bitcoin bisa didapatkan dengan cara perdagangan. Sudah banyak perusahaan yang menjadi platform marketplace yang bergerak pada bidang perdagangan bitcoin.

Legalitas Bitcoin di Indonesia

Bank Indonesia melarang bitcoin sebagai alat pembayaran yang sah, sebab alat pembayaran yang sah di tanah air adalah rupiah. Namun Badan Pengawas Bursa Berjangka (Bappebti) memasukkan bitcoin sebagai komoditas.

Bappebti sendiri telah menerbitkan daftar 229 kripto yang bisa diperdagangkan di Indonesia. Termasuk di antara bitcoin, ethereum, dan dogecoin. Ada juga 13 pedagang aset kripto yang sudah terdaftar di Bappebti. Termasuk Indodax, Tokocrypto, Zipmex, Pintu, dan Luno.

Baru-baru ini Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengeluarkan fatwa soal cryptocurrency. Intinya, penggunaan cryptocurrency sebagai mata uang adalah haram, cryptocurrency juga haram sebagai komoditas tetapi dikecualikan bagi cryptocurrency yang memiliki underlying aset dan memiliki manfaat yang jelas.


[Gambas:Video CNBC]

(roy/roy)
HALAMAN :
1 2
Artikel Selanjutnya

Bitcoin Bakal Dibinasakan, Anda Setuju Enggak?

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading