Bisnis di Era Digital, Manfaatkan Messenger API for Instagram

Tech - Khoirul Anam, CNBC Indonesia
30 November 2021 15:08
CHIANG MAI, THAILAND - AUG 26, 2018: A woman holds Apple iPhone X with Instagram application on the screen at cafe. Instagram is a photo-sharing app for smartphones.

Jakarta, CNBC Indonesia - Tren digitalisasi untuk mulai banyak diadopsi para pelaku bisnis di Indonesia. Cara ini dilakukan oleh pelaku bisnis demi menjangkau pasar yang lebih luas, dari sisi penjualan hingga branding.

Go digital menjadi salah satu strategi yang tidak terhindarkan di masa pandemi ini. Hal ini juga berkaitan dengan kebiasaan baru para konsumen yang sering memanfaatkan teknologi digital dalam memenuhi kebutuhan sehari-harinya, baik makanan, pakaian, hingga hiburan, seiring dengan terbatasnya mobilitas.

Salah satu media yang digunakan pelaku bisnis dalam merambah dunia digital adalah melalui Instagram. Media sosial ini memang menjadi salah satu platform terbaik bagi bisnis untuk menjual produk atau layanan. Maka tidak heran, begitu banyak pelaku usaha yang mempromosikan produknya melalui Instagram, yang tercatat memiliki 1.16 miliar pengguna.


Bahkan sebuah studi menyebutkan potensi jangkauan pemasaran Instagram tumbuh secara substansial dan meningkat hingga 76 juta orang pada kuartal terakhir tahun ini.


Beragam fitur menarik yang tersedia dalam Instagram menjadikannya platform ini paling banyak dipilih sebagai medium untuk mengembangkan bisnis. Ditambah lagi, Instagram juga memberikan layanan Instagram Bisnis untuk membangun citra pelaku bisnis sehingga promosi produk dan jasa bisa lebih ampuh.

Namun, ketika sudah menjangkau banyak konsumen dan memiliki banyak mitra bisnis, para pelaku bisnis biasanya kesulitan karena besarnya volume pesan dari pengikut yang diterima lewat Instagram. Apalagi kebanyakan bisnis juga menggunakan banyak platform pesan sekaligus. Akibatnya pelaku bisnis harus menyediakan waktu lebih untuk membalas pesan konsumen, dan seringkali malah tidak efektif.

Misalnya saja, ketika promosi yang dilakukan di Instagram berjalan efektif dan menarik minat konsumen, maka akan banyak pesan atau percakapan yang masuk. Jumlah pesan yang meningkat drastis ini, seringkali menjadi tumpukan pekerjaan bagi tim agen Customer Service (CS) bisnis. Apalagi bisnis yang memiliki beberapa akun Instagram. Pasalnya untuk mengakses beberapa akun Instagram dalam waktu yang bersamaan, pengguna harus berpindah-pindah akun jika menggunakan handphone atau berganti-ganti browser jika menggunakan PC.

Bisnis di Era Digital, Manfaatkan Messenger API for InstagramFoto: Dok qiscus


Artinya, pengguna Messenger API for Instagram dapat mengakses pesan yang masuk ke Instagram mereka melalui platform lain yang telah diintegrasikan, tanpa harus membuka langsung akun Instagramnya. Selain itu, Messenger API for Instagram juga memungkinkan bisnis yang memiliki beberapa akun Instagram, mengakses pesan dari semua akunnya melalui suatu platform yang sama. 
Messenger API for Instagram hanya bisa didapatkan melalui partner resmi Instagram dan Facebook, salah satunya Qiscus. Melalui Qiscus, akun Instagram bisnis yang menggunakan layanan Messenger API for Instagram, dapat diintegrasikan dengan
platform Qiscus Multichannel Chat. 
Messenger API for Instagram adalah seperangkat programming code yang dapat digunakan untuk mengirimkan data dari Instagram ke platform yang terintegrasi dengannya.

Untuk itu, dalam meningkatkan pelayanan bisnis melalui Instagram ini, pelaku bisnis bisa menggunakan Messenger Application Programming Interface (API) for Instagram yang diluncurkan pada pertengahan tahun ini. Qiscus Multichannel Chat merupakan platform percakapan multi saluran yang dapat memudahkan pelaku bisnis dalam transformasi digital. Dengan mengintegrasikan Messenger API for Instagram dengan Multichannel Chat Qiscus, pelaku bisnis dapat meningkatkan efektivitas dan efisiensi pekerjaan CS-nya.

Platform ini membantu bisnis mempercepat respons pada pesan konsumen dengan adanya fitur template message dan auto reply. Dengan begitu, pelaku bisnis yang tengah mengembangkan bisnisnya dan baru saja Go Digital bisa mengelola pesan dan permintaan pelanggan secara optimal.

Fitur template message memungkinkan bisnis mengirim pesan terstruktur lengkap dengan gambar, teks, atau tautan kepada konsumen.Template message ini akan memudahkan bisnis menjawab pertanyaan berulang dari konsumen, karena bisnis tidak perlu lagi mengetik jawabannya secara berulang.

Adapun fitur Auto Reply membantu bisnis menanggapi pesan konsumen secara otomatis, saat bisnis belum bisa langsung menjawabnya. Dengan Auto Reply, maka pesan dari konsumen Anda akan dijawab secara otomatis terlebih dahulu, sehingga konsumen tidak perlu menunggu lama dalam mendapatkan jawaban dari bisnis Anda.

Multichannel Chat juga memiliki fitur multi-level agent yang memungkinkan DM Instagram bisnis Anda dikelola oleh banyak agent dengan berbagai role, yaitu Supervisor, Admin, dan Agent. Seluruh pesan yang masuk ke Qiscus Multichannel Chat juga bisa dapat dikelola dengan Human-Bot collaboration melalui fitur Chatbot. Bot akan menangani pesan yang sederhana, sedangkan pesan yang kompleks akan dialihkan ke agen CS secara otomatis.

Qiscus Multichannel Chat dan Messenger API for Instagram juga membuat proses bisnis menjadi seamless, karena pesan dari DM Instagram, komentar feed, Instagram Story, dan Instagram mention dapat masuk dan direspon di satu dashboard atau user interface yang sama. Dashboard ini juga bisa diintegrasikan dengan kanal komunikasi lainnya seperti WhatsApp, Facebook Messenger, dan masih banyak lagi, sehingga semua pesan dari konsumen diterima bisnis di satu tempat. Selain itu, dashboard ini juga dapat diintegrasikan dengan tools lainnya seperti CRM untuk mempermudah pengelolaan data konsumen.

Qiscus juga memberikan fitur analytics untuk mendapatkan insight akurat tentang penggunaan akun Messenger API for Instagram milik bisnis. Insight yang akan didapatkan di antaranya performa agen CS, jumlah pesan yang diterima, jenis pesan yang sering diterima, dan lain sebagainya. Qiscus telah membantu bisnis di lebih dari 10 negara dengan memanfaatkan fitur messenger dan memungkinkan percakapan tepat waktu dengan lebih dari 50 juta pengguna. Melalui produk dan layanannya, Qiscus membantu bisnis dalam menghasilkan prospek, customer support, serta pemasaran pelanggan.

Messenger API for Instagram dan Qiscus Multichannel Chat hadir untuk membantu bisnis memberikan customer experience yang relevan bagi para pelanggannya, yaitu kehadiran bisnis yang responsif. Sebagaimana yang disebutkan Google pada laporan riset tentang The Age of Assistance, bahwa 64% konsumen berekspektasi agar bisnis dapat memberikan yang mereka butuhkan secara instan.

Dalam konteks transformasi digital, dua solusi ini direkomendasikan agar bisnis dapat go digital secara lebih efektif dan efisien. Bagi bisnis yang ingin menggunakan layanan ini perlu mengikuti beberapa ketentuan, yaitu jenis akun Instagram yang dipakai haruslah akun Instagram untuk bisnis dan akun ini ditautkan ke laman Facebook Page.

Untuk mengetahui lebih banyak tentang Qiscus, klik link berikut www.qiscus.com, dan dapatkan 90 hari gratis Messenger API for Instagram bagi Anda yang ingin mengembangkan bisnis.

 


[Gambas:Video CNBC]

(rah/rah)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading