Cek! Ini 5 Tanda Infeksi Covid-19 yang Sering Dianggap Remeh

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
26 November 2021 06:55
Infografis/Sederet Gejala Saat Anda 'Menderita' Long Covid/Aristya Rahadian

Jakarta, CNBC Indonesia - Pandemi Covid-19 secara global telah terjadi hampir dua tahun terakhir. Namun mungkin masih ada dari kita yang belum mengetahui soal virus yang pertama kali terdeteksi di kota Wuhan China ini.

Misalnya soal beberapa gejala yang mungkin tidak disadari seseorang yang terinfeksi Covid-19. Beberapa pasien akan merasakan gejala yang khas ataupun tidak mengalami apapun hingga pulih.

Dalam laporannya tahun 2020 lalu, ada 80% pasien yang memiliki gejala ringan atau tidak memiliki gejala sama sekali ungkap Dr Dominic Piment, dikutip dari Daily Star, Jumat (26/11/2021):


Ini lima gejala yang mungkin dianggap remeh namun bisa jadi pertanda seseorang terkena Covid-19:

1. Gastroenteritis

Saat seseorang terkena Covid-19 salah satu yang terjadi kemungkinan adalah muntah dan diare. Ini terjadi pada 4% pasien. Orang dengan gejala itu dan disertai dengan batuk, sesak napas dan suhu tubuh tinggi perlu melakukan tes Covid-19.

2. Sakit Tenggorokan

Saat suara terdengar lebih parau ini bisa jadi pertanda kelelahan atau flu. Di sisi lain bisa jadi kemungkinan Covid-19 jika hal, tersebut karena sakit tenggorokan. Dalam sebuah laporan disebutkan 52,2% pasien Covid-19 mengalami gejala awal sakit tenggorokan.

3. Kelelahan

Kelelahan dalam waktu seminggu atau lebih serta juga tidak bisa mengingat apapun juga bisa menjadi pertanda seseorang terkena Covid-19. Sekitar 60% orang mengatakan merasa lelah saat terkena virus Corona.

4. Kehilangan Kemampuan Indera Penciuman dan Perasa

Jika kamu merasakan gejala ini, lakukan isolasi dan tes Covid-19. Sebab ini menjadi salah satu pertanda seseorang terkena virus tersebut.

5. Sakit Kepala

Ini juga menjadi pertanda, namun yang menjadi tidak disadari oleh banyak orang. Karena ini orang mungkin tidak terlalu memperhatikan perbedaan antara sakit kepala biasa dibandingkan saat Covid-19. Disebutkan 70% pasien Covid-19 mengaku mereka mengalami sakit kepala.


[Gambas:Video CNBC]

(npb/npb)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading