Hati-hati! Netflix Palsu Berkeliaran, Bisa Rampok Uang Kamu

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
23 November 2021 18:55
Ilustrasi peretasan jaringan internet

Jakarta, CNBC Indonesia - Perusahaan keamanan siber Kaspersky mengingatkan munculnya Netflix palsu. Pengguna yang terdampak uangnya bisa terkuras habis.

Sebagai catatan, layanan streaming tidaklah gratis. Jika ingin menonton seperti Netflix atau Disney harus membayar langganan. Untuk pembayarannya bisanya dibutuhkan detail kartu kredit pengguna.

Untuk mencoba mencuri informasi, para penipu membuat laman sign-up palsu untuk layanan streaming populer termasuk Netflix. Situs palsu biasanya sangat mirip dengan aslinya namun biasanya akan meninggalkan petunjuk untuk membuat pelanggan sadar masuk dalam jebakan tipuan.


Bagi pelanggan Netflix kemungkinan untuk ditipu cara ini tidak akan terjadi. Namun ada cara lain untuk melakukan penipuan.

Yakni dengan mengirimkan email palsu yang memberitahu pelanggan Netflix memiliki masalah pada akunnya. Masalah ini akan selesai hingga pengguna memperbarui metode pembayarannya.

Di dalam email akan ada tautan ke halaman konfirmasi pembayaran palsu. Jika mengisi formulir di dalamnya, maka akan memberikan yang dibutuhkan penipu untuk meretas akun hingga mencuri uang pengguna.

Kaspersky memberikan tips untuk membantu menghindari penipuan secara online. Berikut caranya, dikutip BGR, Selasa (23/11/2021):

1. Jangan menekan link pada email, bahkan jika pesan terlihat seperti berasal dari streaming aslinya atau layanan lainnya. Selain itu kunjungi selalu website resminya untuk memasukkan alamat secara manual atau melalui aplikasi.

2. Jangan percaya siapapun atau situs yang menjanjikan menonton film atau acara sebelum tanggal peluncuran resmi.

3. Perhatikan tanda yang memperingatkan email phishing atau website palsu.

4. Tetap waspada dan baca lebih lanjut mengenai penipuan dan skema phishing. Ini dilakukan untuk mempelajari bagaimana mengerti email dan website mana yang bisa dipercaya atau dihindari.

5. Pakai password yang berbeda untuk semua akun. Serta pakai password manager untuk mengingatkan seluruh kata sandi tersebut.

6. Gunakan solusi keamanan yang handal untuk mengidentifikasi lampiran berbahaya dan memblokir website berisi phishing.


[Gambas:Video CNBC]

(npb/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading