Orang Kuat Ini Ngeri-ngeri Sedap Lihat Bitcoin Cs, Ada Apa?

Tech - NBP, CNBC Indonesia
22 November 2021 11:20
FILE PHOTO - A small toy figure is seen on representations of the Bitcoin virtual currency in this illustration picture, December 26, 2017. REUTERS/Dado Ruvic

Jakarta, CNBC Indonesia - Mantan Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Hillary Clinton mendesak seluruh negara untuk "mulai memberikan perhatian besar kepada kebangkitan cryptocurrency (uang kripto)". Ia menyebut kripto bisa merusak peran dolar sebagai mata uang cadangan dunia dan mengacaukan negara.

Hal ini disampaikan Hillary Clinton dalam Forum Bloomberg New Economy yang berlangsung di Singapura pekan lalu, seperti dilansir CNBC Indonesia dari Forbes, Senin (21/11/2021). Ia menyebut cryptocurrency seperti Bitcoin, Ethereum, hingga Dogecoin menimbulkan risiko terhadap dolar AS dan stabilitas bangsa.

Hilarry Clinton mengungkapkan selain menangani tantangan baru seperti disinformasi dan artificial intelligence atau kecerdasan buatan (AI), ia meminta negar memperhatikan cryptocurrency.


"Satu area lagi yang saya harap negara bangsa mulai memberikan perhatian lebih besar adalah kebangkitan cryptocurrency," ujar Hilarry Clinton yang pernah menjadi calon Presiden AS dari partai Demokrat.

"Apa yang tampak seperti upaya yang sangat menarik dan agak eksotis untuk benar-benar menambang koin baru untuk berdagang dengan mereka memiliki potensi untuk merusak mata uang, untuk merusak peran dolar sebagai mata uang cadangan, untuk negara-negara yang tidak stabil, mungkin dimulai dengan yang kecil tetapi akan jauh lebih besar."

Hillary Clinton bukan satu-satunya yang melihat ancaman terhadap dolar As karena kenaikan popularitas cryptocurrency. Mantan Presiden AS Donald Trump dalam beberapa kesempatan juga sudah menyuarakan ketidaksukaannya kepada cryptocurrency.

Pada Juni lalu, Trump menyebut Bitcoin sebagai 'penipuan' dan euforia seputar hal itu melemahkan dolar AS.

"Mata uang dunia harusnya dolar, dan saya tidak berpikir kita harus memiliki seluruh Bitcoin di seluruh dunia di luar sana. Saya pikir mereka harus meregulasinya dengan sangat ketat," kata Trump seperti dikutip dari Fox Business. "Ini menghilangkan keunggulan dolar dan pentingnya dolar".


[Gambas:Video CNBC]

(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading