Bos Myriad Bicara Soal Kebocoran Data di RI & Dunia

Tech - Eqqi Syahputra, CNBC Indonesia
15 November 2021 14:33
Danny Gauthier & Keamanan Data Platform Sosial Media Myriad

Jakarta, CNBC Indonesia - CEO Myriad Jean Daniel Gauthier mengungkapkan kebocoran data menjadi salah satu hal yang patut diwaspadai bagi semua orang. Pasalnya, kebocoran data dapat menyebabkan data diri seseorang dimanfaatkan untuk tujuan tidak baik oleh pelaku yang tidak bertanggung jawab. Masalah kebocoran data pun bukan hanya di Indonesia, tetapi juga duna.

Gauthier mengatakan banyak perusahaan besar yang menawarkan layanan besar pula, namun mereka juga sering bermasalah dalam menggunakan situs web dan layanan, sehingga mereka mengimbanginya dengan biaya pemeliharaan server mereka dalam menjalankan pemasaran mereka.

"Ketika anda memiliki lebih dari 3 miliar orang di beberapa server, maka anda menjadi target utama untuk semua jenis kebocoran internal dan peretasan," ujar Gauthier dalam acara 'The Best Technology Company' CNBC Awards 2021, Senin (15/11/2021).


Dia menambahkan, mengenai kebocoran data, hal pertama yang harus diperhatikan adalah jangan sampai data seseorang bocor tanpa orang itu bisa melakukan sesuatu.

Kedua, simpan data dengan baik, seperti pasport atau ID card. Dia juga menyarankan untuk dapat mengendalikan data pribadi menggunakan data online.

Gauthier mengungkapkan hal ini bisa dilakukan di Myriad dengan cara sign up menggunakan dompet cryptocurrency, yakni infrastruktur publik yang dapat diinstal melalui extension browser yang dapat mengidentifikasi data asli. Menurut Jean, ini artinya keamanan data mencapai titik yang tidak memerlukan nomor telepon dan email.

"Ini bagus untuk dapat benar-benar memverifikasi apakah data anda adalah milik anda atau bukan karena sistem ini menggunakan cara yang dapat dibuktikan secara matematis untuk memverifikasi identitas anda," pungkasnya.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Myriad Menjadi The Best Use of Blockchain in Social App


(rah/rah)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading