PS5 Diprediksi Tetap Langka di Pasar, Ini Tanda-tandanya

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
15 November 2021 13:57
PS5

Jakarta, CNBC Indonesia - Sony Group menurunkan prospek produksi PlayStation 5 (PS5) untuk tahun fiskal 2022 karena kendala komponen dan logistik. Ini diprediksi akan membuat penggemar game kesulitan mendapatkan konsol game anyar ini.

Menurut sumber Bloomberg News, awalnya Sony menargetkan bisa lebih dari 16 juta unit PS5 akan dirakit pada tahun fiskal 2022 yang berakhir Maret nanti, namun kini jumlah ini dipangkas menjadi 15 juta dan membuat target penjualan 14,8 juta PS5 pada Maret menjadi sulit, seperti dilansir dari The Strait Times, Senin (15/11/2021).

Masalah logistik dan kekurangan suku cadang yang semakin para sudah disuarakan chief financial Sony Hiroki Totoki pada pertemuan dengan investor pada akhir bulan lalu. Penjualan PS5 pada kuartal yang berakhir September sedikit lebih lemah dari ekspektasi.


PlayStation 5 menjadi konsol Sony tercepat yang mencapai 10 juta unit terjual pada Juli lalu. Namun konsol yang dirilis setengah tahun lalu itu sulit ditemukan di pasar terutama Sony tidak mendapatkan cukup unit yang didistribusikan secara global.

Mitra perakitan melakukan kontak harian dengan pembuat komponen untuk mengonfirmasi bahwa pengiriman akan tiba sesuai jadwal, tetapi nyatanya tidak selalu demikian, ujar sumber tersebut. Sony sendiri tidak menanggapi permintaan komentar.

Kekurangan bahkan terjadi pada komponen yang biasa seperti chip manajemen daya. Pembuat chip dari Toshiba, yang menyediakan chip daya seperti itu, dan Perusahaan Manufaktur Semikonduktor Taiwan telah memperingatkan bahwa situasi fabrikasi tidak mungkin menjadi normal bahkan selama tahun 2022.

Sony ternyata tak sendirian dalam masalah ini. Saingannya Nintendo memangkas perkiraan penjualan setahun penuh. Perusahaan juga memangkas target produksi untuk tahun fiskal 2022 sebesar 20 persen, menurut sebuah laporan oleh Nikkei

Sementara itu, Bellevue, Valve yang berbasis di Washington menunda debut konsol portabel Steam Deck dari Desember hingga Februari, dengan alasan masalah rantai pasokan global. Steam Deck adalah sistem genggam yang mirip dengan Nintendo Switch.

Game PlayStation 5 sejauh ini gagal memberi dampak pada penjualan Jepang, yang didominasi oleh platform Nintendo Switch, menurut data dari market tracker Famitsu.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Maaf! PS5 dan Xbox Series Bakal Langka Hingga 2023


(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading